Headlines News :
Home » , , » FAKTA Desak Gubernur Umumkan Kandidat Calon kepala SKPA

FAKTA Desak Gubernur Umumkan Kandidat Calon kepala SKPA

Written By ichsan on Jumat, 31 Agustus 2012 | 19.13


BANDA ACEH, Aceh News - Forum Anti Korupsi dan Transparansi Anggaran (FAKTA) menyambut baik wacana evaluasi dan rencana  restrukturisasi Satuan Perangkat Kerja Aceh (SKPA) yang akan dilakukan Gubernur Aceh dr. Zaini Abdullah. Namun FAKTA juga mengingatkan agar dalam melakukan restrukturisasi SKPA, Gubernur tidak mengesampingkan peran serta masyarakat memberi masukan terkait kandidat-kandidat yang dimunculkan menjadi calon Kepala SKPA. “Rencana Gubernur melakukan evaluasi dan merestrukturisasi SKPA merupakan langkah yang patut diapresiasi dengan baik. Selain harus didasarkan pada semangat profesionalisme, pemilihan dan pengangkatan calon kepala SKPA hendaknya juga memperhatikan keterwakilan pesisir selatan hingga ke tengah,” ujar Koordinator FAKTA Indra P Keumala kepada wartawan, Jum’at (01/09/2012) di Banda Aceh.

Menurut Indra, langkah tersebut merupakan hal paling strategis yang harus segera dilakukan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih untuk mengefektifkan roda pemerintahan dan pelaksanaan program pembangunan Aceh ke depannya. Akan tetapi, sebut Indra, rencana tersebut tetap harus memberi ruang partisipasi kepada masyarakat didalam mengkritisi sosok kandidat yang dijadikan sebagai calon SKPA tertentu. “Kami mendesak agar Gubernur membuka informasi masing-masing kandidat calon Kepala SKPA kepada publik untuk memperoleh masukan yang luas terkait rekam jejak masing-masing kandidat.

Lanjutnya. Hal ini penting dilakukan agar Gubernur tidak hanya memperoleh masukan sepihak,” tegas Indra. Indra beralasan pola yang ditawarkan pihaknya itu sekilas mengadopsi pola yang pernah dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketika memanggil calon menteri  yang akan mengisi jabatannya masing-masing. “Jadi sebelum ditetapkan dan dilantik menjadi menteri, publik berkesempatan memberi masukan dan mengkritisi profil masing-masing calon menteri yang dipanggil Presiden,” jelas Indra.

Indra mengungkapkan, pihaknya memperoleh informasi bahwa dalam beberapa waktu ke depan Gubernur, Wakil Gubernur dan pihak-pihak yang turut dilibatkan dalam proses evaluasi  akan melakukan pertemuan-pertemuan intensif untuk merumuskan hasil final yang akan menjadi pijakan bagi Gubernur menentukan kepala SKPA yang baru.

Menurut Indra lagi, hal itu jelas memperlihatkan bahwa Gubernur cukup progresif dalam membenahi SKPA.“Saya yakin bahwa langkah tersebut agar mendapat apresiasi yang positif dari seluruh kalangan maka kami mendorong agar Gubernur memberi ruang kepada publik untuk dapat mengkritisi masing-masing kandidat yang akan mengisi  44 posisi Kepala SKPA,” tutup Indra. (***) 
Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa