Headlines News :
Home » , » Ekonomi Kalbar Turun 2.4 Persen

Ekonomi Kalbar Turun 2.4 Persen

Written By ichsan on Senin, 13 Agustus 2012 | 00.37


PONTIANAK, Aceh News - Liburan sekolah dan menjelang lebaran ternyata tak mampu mengangkat perekonomian di Kalimantan Barat. Yang terjadi malah melorot ketimbang triwulan pertama. Ecara keumulatif, perekonomian Kalbar minus 2.4 ketimbang triwulan pertama.

Demikian hasil yang dilaporkan Badan Pusat Statistik Kalimantan Barat melalui press release triwulan kedua tahun 2012 yang disampaikan di hadapan media cetak dan elektronik, Senin (6/8) siang lalu.

Dalam press release, yang mencantumkan perbandingan dengan triwulan pertama tahun 2011 tersebut. BPS mencatat sector yang mengalami pertumbuhan di tahun 2012 adalah sector jasa, pengangkutan komunikasi, keuangan real estate-jasa perusahan.

Sedangkan sumber pertumbuhan terbesar pada triwulan kedua tahun 2012 (y-on-y) disumbang dari sector perdagangan-hotel-restoran yang mampu menyumbang 1.5 persen. Kemudian sector pengangkuran-komunikasi menyumbang 1.0 persen. 

Pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) penggunaan Kalbar triwulan kedua tahun 2012 terhadapa triwulan pertama tahun yang sama (q to q) minus sebesar 2.7 persen diakibatkan oleh menururnnya kinerja impor yang minus 0.3 persen. Sedangkan pertumbuhan komponen lainnya tumbuh positif antara lain konsumsi pemerintah sebesae 7.3 persen. Ekspor barang dan jasa sebesar 2.7 persen. 

Secara kumulatif diabdningkan dengan periode yang sama tahun 2011 (c-to-c) pertumbuhan dipicu oleh komponen PMTB dan konsumsi pemerintah dan konsumsi rumah tangga yang tumbuh masing-masing 8.0 persen dan 6.3 persen. (Ubay KPI)

Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa