Headlines News :
Home » , , , » Al-Qur’an Menjadi Solusi Utama Umat Muslim

Al-Qur’an Menjadi Solusi Utama Umat Muslim

Written By ichsan on Sabtu, 04 Agustus 2012 | 16.26


Banda Aceh – Sebanyak 300 ibu-ibu dari 10 kelompok majelis taklim dan PKK Kota Banda Aceh mengikuti ceremony khatam Al-Qur’an yang di gelar Pemko Banda Aceh di Aula Pemko Banda Aceh, Kamis (02/08/2012).

Dalam sambutannya pada saat membuka acara, Wakil Walikota Banda Aceh Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal,SE mengatakan kegiatan khatam Al-Qur’an yang diselenggarakan tersebut diadakan dalam rangka menyambut peringatan Nuzulul Qur’an 1433 H. 

Lebih lanjut Illiza mengatakan program khatam Al-Qur’an tersebut  sebenarnya sudah menjadi darah daging dan budaya masyarakat Aceh terutama kaum ibu yang biasa membaca Al-Qur’an pada siang hari ataupun usai melaksanakan shalat shubuh.

“Apa yang kita lakukan hari ini merupakan upaya untuk mengkristalkan kembali budaya khatam Al-Qur’an yang sudah mulai pudar di masyarakat”, ujar llliza.

Illiza juga berharap agar Al-Qur’an dapat menjadi solusi utama umat muslim dalam menyelesaikan segala persoalan dan permasalahan hidup. Lebih lanjut Illiza menegaskan dalam mewujudkan masyarakat yang maju dan mulia, paling tidak ada tiga hal yang harus dibangun di bulan yang mulia ini yaitu yang pertama, meningkatkan keimanan sebagai dasar hidup yang sangat penting. Dengan iman inilah manusia selalu mendapat bimbingan Dari Tuhannya, terang Illiza.

Yang kedua, keshalehan pribadi, yaitu meningkatnya amaliah untuk diri sendiri seperti membaca Al-quran, puasa, zikir dan sebagainya. Amaliah pribadi ini untuk meningkatkan kualitas diri. Keshalehan itu merupakan buah dari pemahaman kita terhadap Al-quran, ungkapnya. Dan yang Ketiga menurut Illiza adalah keshalehan sosialyaitu membangun kepedulian sosial. Membantu orang lain yang mengalami kesulitan hidup. Menurut Illiza Keshalehan sosial akan muncul bila kita benar-benar menjadikan al-quran sebagai dasar tatanan kehidupan sosial.

Sementara Kadis Syari’at Islam Kota Banda Aceh Drs. Said Yulizal M.Si dalam laporannya mengatakan kegiatan Khatam Al-Qur’an merupakan kegiatan perdana yang dilakukan pemko Banda Aceh. Ia menjelaskan tujuan khatam A-Qur’an dengan melibatkan kaum ibu dikarenakan kaum ibu merupakan agent of change pembentukan moral seorang anak.

"Baik buruknya akhlak seorang anak sangat ditentukan oleh kualitas ibunya, dan secara emosional kedekatan seorang ibu dan anak jauh lebih dalam", terangnya.

Dikatakannya dengan membaca Al-Qur’an secara bersama-sama diyakini akan menambah kenikmatan dalam membaca Al-Qur’an, karena jika seorang salah dalam membaca Al-Qur’an maka temannya memperbaikinya. Said berharap aplikasi Al-Qur’an itu benar-benar dijalankan dalam kehidupan sehari-hari yang diawali dengan membaca, memahami  dan  mengamalkannya. (Mahdi Andela)
Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa