Headlines News :
Home » , » Pers Adalah Sebagai Corong Utama Dalam Pembangunan Simeulue

Pers Adalah Sebagai Corong Utama Dalam Pembangunan Simeulue

Written By ichsan on Senin, 27 Agustus 2012 | 23.27


SINABANG, Aceh News Bupati dan Wakil Bupati Simeulue, Drs H Riswan NS dan Hasrul Edyar S.Sos. M.Ap menempatkan Pers sebagai mitra dan corong utama untuk mempromosikan dan menginformasikan berbagai sektor Pembangunan di Pulau Simeulue ke luar daerah.

sebagai Mitra kerja, Peranan ”Pers di satu daerah merupakan ujung tombak dalam mempromosikan dan menginformasikan situasi dan kondisi yang sedang terjadi, serta yang akan dilakukan di masa yang akan datang,” kata Riswan NS dalam pertemuan antara Himpunan Wartawan Simeulue (HIWAS) dengan Pemkab setempat di Ruang tunggu Bupati, Sabtu(25/08/2012).

Menurut Riswan, sepahit apapun atau sehitam apapun tentang Simeulue, informasikan, kalau itu memang salah katakan salah. “Kami tidak mau menyimpan bangkai karena  suatu saat akan tercium baunya. Perlu diketahui, tanpa wartawan dan media massa suatu daerah ibarat hidup di negeri Tarzan Gunung Pasir,” sebut Rizwan yang diiyakan wakilnya Hasrul Edyar.

Namun demikian, timpal wakil bupati Hasrul Edyar, bila ada informasi yang akan dipublikasikan, supaya dilakukan konfirmasi ulang, supaya setelah mencuat dan menjadi hak publik pejabat yang bersangkutan telah siap menghadapi pertanyaan dari Pimpinan Tingkat Provinsi dan Pusat.

“Kalau ada informasi, mohon kiranya diinformasikan kepada kami. Selama ini kami sering gelagapan menerima pertanyaan dari tingkat provinsi dan pusat, karena tidak menguasai persoalan yang telah diberitakan, sehingga kami kewalahan untuk menjawab,” kata Hasrul Edyar.

Himpunan Wartawan Simeulue (HIWAS) menyambut baik kebijakan Pemkab Simeulue yang  menjadikan insan pers dan media salah satu corong utama pemerintah Simeulue, sehingga peran pers yang  bertugas memberitakan dan mempublikasikan suatu informasi yang dianggap layak sebagai konsumsi dan milik publik.

Dalam kesempatan silaturahmi antara Pemerintah daerah dan Pers ketua HIWAS, Ahmadi mengingatkan agar kebijakan Pemkab Simeulue menjadikan pers sebagai mitra utama juga harus menghormati dan menghargai tugas dan fungsi pers. Dikatakannya lagi "Dikala ada informasi yang bersentuhan dengan kebijakan yang dilakukan Bupati dan Wakil Bupati yang dianggap menyalahi aturan supaya tidak ada intervensi, seperti pengalaman masa lalu". ujar ahmadi

kemudian Ahmadi menambahkan, Masa lalu setelah dipublikasikan hal yang janggal dan salah atas kebijakan pemerintah pers di Simeulue menjadi musuh dan dipandang sebelah mata, bahkan ada yang menilai pers sebagai momok dan memperkeruh suasana.

Selanjutnya kata Ahmadi, pemerintah dan pers adalah mitra tetapi kemitraan ini jangan menjadi penghalang tugas dan fungsi pers. Sebab, lanjutnya,  biasanya kalau ada informasi yang tidak benar dan dipublikasikan oleh rekan-rekan pers, pejabat menanggapi dengan negatif, bahkan pejabat cenderung menutup diri.

Ketua HIWAS mengingatkan, dalam melakukan tugas jurnalistik supaya mengedepankan kode etik dan etika, serta mengutamakan konfirmasi kepada semua yang terlibat dalam suatu permasalahan, supaya berita bisa berimbang dan tidak ada yang dirugikan, termasuk menghormati hak jawab.“Jangan kedepankan berita karena emosional sehingga menjadi tendesius, apalagi tulisan yang bersifat opini sendiri,” ungkapnya. (Mohd.Azis/Sumadi).


Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa