Headlines News :
Home » , , , » Tgk Lukman: Taubat Sebelum Ajal Menjemput

Tgk Lukman: Taubat Sebelum Ajal Menjemput

Written By ichsan on Jumat, 06 Juli 2012 | 21.25


ACEH UTARA, Aceh News - Melakukan taubat adalah al-itsmi (kembali dari dosa). Dengan kata lain, taubat adalah kembali dari pada meninggalkan segala perbuatan tercela (dosa) untuk melakukan perbuatan yang terpuji.


Hal itu disampaikan Tgk Lukmanul Hakim, dalam khutbah Jum'at (06/07/2012) di Mesjid Baitul Ghaffar Desa Matang Seuke Pulot, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara. Setelah usai acara peletakan batu pertama yang dihadiri Tgk Abu Ali Paya Pasi, dari Aceh Timur.

Dalam khutbah itu, Tgk Lukman menyampaikan sedikit arahan dengan tema Taubat Sebelum Ajal, yang disaksikan puluhan para jama'ah yang hadir di Mesjid tersebut.

Ajal sebelum bertaubat, Kata Lukman, Sungguh nasi telah menjadi bubur. semua yang telah terjadi tidak akan bisa terulang lagi. "Kesadaran manusia ini terkadang  hanya sebatas kejutan mendadak. Artinya,Terkejut saat melihat kuasa Allah. Setelah itu kembali berbuat maksiat" Terang Lukman diatas mimbar.

Menurut Lukman, Taubat adalah bukan pekerjaan yang sulit. Namun, jika niat hati tulus ikhlas untuk bertaubat maka tuhan akan mengampuni segala dosa-dosa manusia dengan melakukan kewajiban dan menjauhi segala larangan tuhan.

Taubat yang benar - benar taubat, Lanjut Tgk Lukman, yaitu taubat nasuha. Artinya taubat yang sungguh-sungguh pertama dan terakhir. Berjanji untuk tidak
lagi mengulangi perbuatannya menyesal tidak pernah bangga dengan masa lalunya.

Salah satu cirinya, mudah menangis dan sangat bersemangat, sangat bersemangat mengejar kebaikan dan perbaikan Sunah menjadi wajib baginya, makruh menjadi haram, mubah menjadi berkah, Bergaul dengan orang-orang soleh bahkan mengajak saudara- saudaranya yang terlanjur sesat untuk kembali kejalan Allah sebagaimana dirinya yang mendapat hidayah Allah itulah ciri taubatan nasuha. (Jamal)


Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa