Headlines News :
Home » , » 123.225 Peserta Lolos SNMPTN 2012

123.225 Peserta Lolos SNMPTN 2012

Written By ichsan on Sabtu, 07 Juli 2012 | 02.28


JAKARTA - Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2012 mengumumkan sebanyak 123.225 peserta lolos seleksi pada jalur ujian tulis yang terdiri atas kelompok ujian IPA 57.869 peserta dan kelompok ujian IPS 65.356 peserta.

"Daya tampung secara nasional SNMPTN 2012 jalur ujian tertulis dari 61 PTN sebanyak 106.368 kursi. Namun, pada tahun 2012, Pemerintah membuat kebijakan untuk menambah daya tampung PTN minimal sebesar 10 persen untuk meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi sehingga daya tampung tahun ini naik menjadi 123.419 orang," kata Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Djoko Santoso dalam jumpa pers pengumuman SNMPTN 2012 di Jakarta, Jumat petang.

Dirjen Dikti yang didampingi Ketua SNMPTN 2012 Akhmaloka, Sekretaris SNMPTN Rochmat Wahab, dan Rektor ITS Triyogi Yuwono mengatakan sebanyak 194 kursi dalam daya tampung ujian tulis SNMPTN yang tidak terisi. Jumlah tersebut terjadi karena para siswa tidak mencapai "passing grade" yang ditentukan.

Bagi peserta pendaftar yang mendapat fasilitas program beasiswa Bidik Misi sebanyak 48.032 orang yang dinyatakan lulus seleksi 13.430 orang. Selanjutnya, PTN yang menerima jalur bidik misi ini akan memverifikasi kelayakannya. Apabila tidak layak masuk kategori miskin sesuai dengan ketentuan kelulusannya, akan dibatalkan, kata Djoko. 

Sementara itu, Ketua SNMPTN 2012 Akhmaloka yang juga Rektor ITB mengatakan bahwa informasi mengenai hasil ujian tulis SNMPTN akan diumumkan lebih cepat dari waktu yang dijadwalkan semula. Jika awalnya akan diumumkan melalui online pada pukul 00.00 WIB, Sabtu, 7 Juli 2012, dan dimajukan menjadi hari ini mulai pukul 19.00 WIB.

"Memang kita majukan waktu pengumumannya. Pada pukul 19.00 WIB sudah bisa diakses melalui situs resmi kami," katanya.

Adapun pengumuman mengenai hasil ujian tulis SNMPTN dapat diakses melalui laman resmi panitia PTN di website www.snmptn.ac.id;www.snmptn.ui.ac.I`d, www.snmptn.itb.ac.I`d,www.snmptn.undip,ac.I`d, www.snmptn.its.ac.I`d. 

Lebih lanjut Akhmaloka pendaftar SNMPTN tahun ini dari jalur ujian tulis dan ketrampilan secara keseluruhan meningkat 14,39 persen dibandingkan dengan pendaftar SNMPTN 2011.

"Bagi yang belum lulus SNMPTN, masih mempunyai peluang mengikuti seleksi PTN melalui jalur mandiri atau masuk melalui PTS," katanya. 

Adapun sejumlah program studi yang masih menjadi favorit pilihan mahasiswa meliputi kedokteran, teknik yaitu komputer dan matematika, ekonomi akuntasi, dan hubungan internasional, katanya. 

Sementara itu, Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) Triyogi Yuwono menyatakan bahwa provinsi dengan nilai rata-rata SNMPTN tertinggi dari jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), antara lain DKI Jakarta, kemudian disusul Daerah Istimewa Yogyakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Barat, Lampung, Sumatera Utara, dan Kepulauan Riau.

Untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) diraih DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Lampung, Sumatera Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan. (ANT/Z003/D007)


Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa