Headlines News :
Home » , » Darul Imarah Juara Umum MTQ Aceh Besar

Darul Imarah Juara Umum MTQ Aceh Besar

Written By ichsan on Sabtu, 07 Juli 2012 | 17.36


KOTA JANTHO, Aceh News - Kecamatan Darul Imarah berhasil keluar sebagai juara umum penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-31 Kabupaten Aceh tahun 2012 yang berakhir Jumat, (06/07/2012) malam di Kompleks Islamic Center, Lampeuneurut, Kecamatan Darul Imarah. Kegiatan keagamaan yang berlangsung sejak 30 Juni 2012 itu ditutup oleh Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah. Meskipun acara penutupan MTQ tersebut berlangsung di bawah guyuran hujan deras, namun ribuan masyarakat tetap antusias mengikuti prosesi penutupan MTQ hingga menjelang dinihari.


Keputusan dewan hakim tentang peserta terbaik setiap cabang MTQ yang diperlombakan dibaca oleh koordinator dewan hakim, Tgk H Fakhruddin Lahmuddin SAg MPd. Dalam acara penutupan yang dihadiri unsur Muspida, Wabup Syamsulrizal, Pj Walikota Sabang Drs H Zulkifli HS MM para kepala SKPK, camat, dan tokoh-tokoh masyarakat Aceh Besar, Bupati Mukhlis Basyah sekaligus menyerahkan piala bergilir kepada juara umum yang diterima Camat Darul Imarah Azhari, dan piala tetap yang diserahkan Wakil Bupati Syamsulrizal beserta dana pembinaan.

Dalam arahannya, Bupati Muhklis Basyah menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut aktif dan menyukseskan penyelenggaraan MTQ Ke-31 tersebut. Kepada para qari-qariah, dimohon agar terus berlatih dan mengamalkan ajaran Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi, pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Aceh yang dijadwalkan berlangsung di  Kota Subulussalam tahun depan.

Begitupun, kepada para juara agar tidak terbuai dengan keberhasilan yang telah dicapai saat ini, namun harus terus diasah kemampuannya, dan ketika lomba sudah siap. “Kita berharap qari dan qariah dari Aceh Besar bisa terus berprestasi. LPTQ bisa pro aktif untuk membina, sehingga qari-qariah Aceh Besar mampu berbuat ditingkat provinsi dan nasional," katanya.

Ketua Umum MTQ Ke-31 Aceh Besar, Drs H Zulkifli Ismail MM didampingi Kadis Syariat Islam Aceh Besar  T Hasbi SH mengungkapkan,pelaksanaan MTQ itu sejak dibuka oleh Pj Bupati Drs H Zulkifli Ahmad MM, 30 Juni 2012 lalu selalu dipadati masyarakat Darul Imarah dan sekitarnya. 

Dijelaskan, sesuai hasil rapat Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Aceh Besar bersama unsur Pemkab, Jumat (06/07/2012), disepakati sejumlah kecamatan yang akan menjadi calon tuan rumah pelaksanaan MTQ Kabupaten Aceh Besar Ke-32 tahun 2014 mendatang, masing-masing Kuta Malaka, Suka Makmur, dan Mesjid Raya.

Menurutnya, MTQ Ke-31 itu diikuti oleh total kafilah 775 orang dengan jumlah peserta 631 dan official 144.  Sedangkan cabang-cabang yang diperlombakan yakni .cabang tilawah Al quran, tahfidz,  tafsir,  fahmil quran,  syarhil qur'an, khattil qur'an  dan cabang M2IQ.

Pengukuhan Kecamatan Darul Imarah sebagai juara umum dengan torehan nilai 63 didapat dari raihan delapan  juara pertama, enam juara kedua, dan lima juara ketiga. Di posisi kedua Baitussalam dengan nilai 27 (masing-masing 3 juara pertama, 3 juara kedua, dan tiga juara ketiga). 

Sedangkan Peukan Bada yang dalam MTQ dua tahun sebelumnya di Kecamatan Darussalam meraih juara umum, namun kali ini harus puas di posisi tiga besar dengan raihan tiga juara pertama, tiga juara dua, dan satu juara ketiga dengan total nilai 25.

Pada penutupan MTQ itu, Tgk Fakhruddin Lahmuddin yang juga Ketua MPU Aceh Besar juga membacakan urutan 10 besar, masing-masing Kecamatan Darul Imarah, Baitussalam, Peukan Bada, Seulimuem, Kuta Malaka, Lhoong, Ingin Jaya, Darussalam, Krueng Barona Jaya, dan Kuta Baro.


Camat Darul Imarah, Azhari SE selaku tuan rumah menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan MTQ Ke-31. Kkhusus kepada kafilan Darul Imarah yang telah meraih prestasi terbaik, diharapkan terus berlatih, sehingga keberhasilan dan prestasi gemilang itu dapat dipertahankan dalam ajang MTQ tahun-tahun mendatang.(mrd)

\
Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa