Headlines News :
Home » , » Pasang Purnama, Gelombang Capai 6 Meter

Pasang Purnama, Gelombang Capai 6 Meter

Written By ichsan on Kamis, 07 Juni 2012 | 09.41


LHOKSUKON, Aceh News – Sebanyak tiga Desa dipesisir laut Kecamatan Lapang, Aceh Utara, dihitung dari 5 hari lalu sampai sekarang di landa gelombang laut tinggi mencapai enam meter.

Tiga Desa itu meliputi Desa Kuala Cangkoi, Matang Baroh dan Desa Kuala Kreuto. Akibat banjir pasang purnama itu membuat ratusan nelayan terpaksa berhenti melaut.

Amatan Aceh News, Rabu (06/06/2012), gelombang laut mencapai hingga enam meter itu sempat naik ke darat memasuki ke areal perumahan warga yang tinggal di pinggiran laut, terjangan gelombang itu melewati tanggul penahan ombak serta beberapa boat nelayan yang sedang di parkir di muara pun tenggelam.

Saat ditemui Aceh News Salah seorang warga Kuala Cangkoi Saleh (42) mengatakan, gelombang pasang terjadi sejak tiga hari yang lalu dan gelombang pasang kali ini merupakan pasang purnama terbesar sepanjang tahun Pasca Tsunami.

“sebelum Tsunami banjir ROB juga kerap terjadi di willayah kami ini, namun takseparah ini yang mengakibatkan tambak ikan dan tambak garam ikut rusak, serta membuat nelayan tak berani melaut (pagi tadi red) air laut sempat menggenangi rumah kami setinggi betis” ungkap saleh.

Camat lapang maksum isa yang didampingi Mukim Lapang Zulkifli kepada Aceh News menuturkan, hinga saat ini pihaknya belum menerima laporan kerusakan dari warga, karena katanya, Banjir itu merupakan hal yang biasa terjadi dan kami juga belum menerima laporan adanya kerusakan yang di alami warga, lagi pula hal itu disebabkan akibat dangkalnya muara di kuala Cangkoi yang menghubungkan ke tiga kecamatan” jelas maksum

Hinga berita ini diturunkan, gelombang pasang purnama hinga sore tadi mulai surut, namun akan kembali naik kedarat pada pagi besok “untuk sore ini gelombang pasang yang tadinya sangat parah, sekitar pukul 18.30 wib tadi sudah mulai surut. Namun, seperti biasa gelombang pasang akan naik lagi kedarat pada pagi hari”  imbuh warga saleh (Jamal)
Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa