- T.Tanur Arnoja: akan lakukan Class Action karna dinilai Tidak Pedulikan Somasi Pelanggan
BANDA ACEH, Aceh News - PT. Telkomsel Wilayah Aceh telah disomasi oleh salah seorang pelanggannya Teuku Tanur Arnoja (48). Hal ini dilakukan Tanur karena Telkomsel diklaim telah menyedot pulsanya secara sepihak.
Tanur kepada Aceh
News mengatakan, ia melalui kuasa hukumnya, Mukhlis Mukhtar, SH dari Law Firm
Mukhlis, Safar & Partners telah mengajukan somasi meminta Telkomsel untuk
meminta maaf kepada pelanggan melalui media terbitan Aceh selama tiga hari
berturut-turut.
Dikatakannya, Jika
dalam 3 x 24 jam terhitung dari tanggal surat somasi, Telkomsel tidak
peduli, maka akan dilakukan upaya hukum pidana dan gugatan perwakilan
masyarakat (class action).
Kepada Aceh News
Tanur menyampaikan, kronologis tentang penyedotan pulsa yang dialaminya hingga
ia mensomasi Telkomsel. Dijelaskannya, pada tanggal 9 januari 2012 pukul 10.42
ia melakukan pembelian paket Talkmania (TM) regular untuk bonus 6.00 detik ke
sesama pelanggan telkomsel mulai pukul 01.00 s/d 18.00 wib. Pada saat pebelian
TM tersebut ia melakukan cek via fitur *888# posisi saldo SIM ny6a adalah
Rp3.336,-. Lalu pada pukul 14.00 wib ia melakukan pengisian ulang pulsa
sebanyak Rp5.000,- sehingga jumlah pulsa bertambah menjadi Rp8.336,_
Dari pukul 10.42
s/d 17.00 ia melakukan transaksi panggilan keluar ke beberapa nomor telkomsel,
tapi tetap selalu mengecek via fitur *889# dan masih ada bonus gratis sebesar +
4.200 detik serta gratis bonus sms sebanyak 300 sms.
Hal yang sangat
krusial dikecewakan, menurut Tanur adalah telah dirugikan sepihak oleh operator
telkomsel pada hari tersebut dimana durasi pada saat terjadi transaksi
panggilan keluar antara pukul 17.00 s/d 18.00 wib ke atas, yaitu habis-habisan
terkuras sisa pulsa di SIM cardnya sejumlah Rp8.264,_ sehingga saldo yang
tersisa menjadi Rp72,_
Transaksi yang
gagal/tidak sukses, tidak online untuk bicara tapi stock pulsa dikuras secara
tiba-tiba, yang seharusnya, katanya, operator memotong dulu sisa TM gratis yang
masih ada, bukan dipotong langsung dari sisa pulsa.
“Yang aneh, sudah
tidak sukses melakukan transaksi panggilan keluar, tersambung tapi terputus dan
terjadi sebanyak tiga kali berturut-turut, tidak sempat bicara, apakah layak
pulsa dipotong?” kata Tanur dengan nada mempertanyakan.
Sementara itu,
hingga berita ini diturunkan Aceh News tidak berhasil mendapatkan konfirmasi
dari pihak Telkomsel. Aceh News sempat menghubungi Corcom Regional Telkomsel, Weny untuk menanyakan persoalan ini kepadanya. Namun setelah mengangkat
telponnya ia beberapa kali mengatakan akan menelpon kembali nanti. “Nanti saya
hubungi kembali,” katanya melalui ponselnya. Namun hingga berita ini naik
cetak, Weny tidak pernah menghubungi untuk memberikan penjelasan tentang
persoalan yang kami tanyakan. (Mahdi
Andela)