Headlines News :
Home » , , » Kopertis wilayah Sumut Aceh Dukung Wujudkan Kedokteran UGP

Kopertis wilayah Sumut Aceh Dukung Wujudkan Kedokteran UGP

Written By ichsan on Senin, 13 Februari 2012 | 01.58


TAKENGON, Aceh News - Kurangnya tenaga  dokter  yang mengabdikan diri disejumlah   pemukiman warga khususnya   wilayah pedalaman di Provinsi Aceh Aceh.  Hal tersebut menyebabkan ketika terjadi permasalahan kesehatan, masyarakat menjadi tidak terlayani.  Sementara Fakultas Kedokteran yang ada di Aceh saat ini belum mampu   memenuhi kebutuhan tenaga dokter. Kondisi ini pada gilirannya berdampak pada kualitas pelayanan kesehatan masyarakat.sehingga keberadaan sebuah Fakultas Kedokteran sangatlah  prospektif dan dibutuhkan oleh masyarakat.
            
Pernyataan tersebut  disampaikan Bupati Aceh Tengah, Ir.H.Nasaruddin,.MM  disela-sela wisuda Sarjana  ke-2 Universitas Gajah Putih (UGP) Takengon, Sabtu ( 4/02/) pagi di Gedung Olah Seni Takengon. Prosesi  wisuda ini  turut juga dihadiri  kordinator Kopertis Wilayah Sumut - Aceh, Prof. DR. Nawawi Lubis. 
                 
Guna mewujudkan hal tersebut, Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin yang juga menjabat sebgai Ketua yayasan Gajah  Putih Takengon, mengatakan pemerintah daerah setempat telah mempersiapkan adanya sebuah rumah sakit pendidikan di daerah itu,"Rumah Sakit Umum yang kita miliki, sejak tahun 2010 lalu telah mendapat peningkatan status menjadi tipe B, dan ini merupakan salah satu syarat di bentuknya satu Fakultas Kedokteran", ujar Nasaruddin.
      
 Selain itu, Nasaruddin menambahkan segala peralatan dan kelengkapan rumah sakit juga terus dipenuhi, bahkan pada tahun lalu RSU Datu Beru Takengon mendapat bantuan sebesar 35 milyar rupiah untuk pembelian peralatan dari pemeintah pusat. Disamping pemenuhan peralatan pihaknya juga gencar memberi kesempatan bagi dokter umum untuk melanjutkan studi spesialisasi kedokteran.
"Saat ini kita telah memiliki 23 dokter spesialis dengan berbagai keahlian, dan jika telah disetujui keberadaan Fakultas Kedokteran, para dokter spesialis ini juga akan bertindak sebagai dosen," tutur Nasaruddin.
             
Ternyata Gayung pun bersambut,  ketidakmerataan sebaran profesi dokter di wilayah pedalalaman Aceh Ini, telah  mengusik Koordinator Kopertis I wilayah Sumatera Utara- Aceh ,  Prof. DR. Nawawi Lubis.       
            
Di hadapan  210 wisudawan, tenaga pengajar, Para orang Tua wisudawan serta segenap n Civitas akademika UGP,  Nawawi mengungkapkan Aceh dan Sumatera Utara khususnya sangat berbeda dengan masyarakat di jawa yang memiliki aksesibilitas relatif baik serta didukung oleh tingkat dan kualitas pelayanan kesehatan yang memadai.
          
Sehingga menanggapi usulan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah beserta yayasan Gajah Putih tentang pendirian satu fakultas Kedokteran melengkapi fakultas yang telah ada di UGP, Nawawi menunjukkan keseriusannya dengan meminta pihak terkait untuk memasukkan usulkan dan persyaratan yang telah disiapkan segera.
"Kalau bisa dalam bulan ini saya sudah menerima usulan penambahan fakultas Kedokteran UGP, agar langsung bisa dibawa ke Jakarta untuk proses berikutnya", kata Nawawi
           
Nawawi menyadari saat ini telah diberlakukan moratorium untuk pendirian Fakultas Kedoteran, namun ia yakin dapat memperjuangkan hal tersebut, karena dilandasi oleh pengalaman disetujuinya beberapa sektor lain yang juga di telah di moratorium sebelumnya, namun karena alasan tertentu tetap masih dimungkinkan untuk mendapat persetujuan pendirian. Semoga (abdan/wandy)
 
                 
Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa