Headlines News :
Home » , » Masyarakat di Minta Aktif Jaga Hutan

Masyarakat di Minta Aktif Jaga Hutan

Written By ichsan on Selasa, 17 Januari 2012 | 00.24


BANDA ACEH, Aceh News - Pihak Dinas Kehutanan dan Perkebunan Aceh meminta masyarakat di sekitar hutan untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga hutan dari pembalak liar yang tidak bertanggungjawab.

”Kalau terjadi banjir dan longsor, yang menerima petaka dan kerugian langsung adalah masyarakat. Jadi sudah saatnya masyarakat berperan aktif,” ajak Kadishutbun Aceh, Ir.H. Fakruddin Polem, MBA, melalui Kabid Perlindungan, Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial Dishutbun Aceh, Ir.Hasrian Nur, MM, pekan lalu pada Aceh News, ketika ditanyakan upaya pencegahan pembalak liar yang kian meresahkan itu.

Pihaknya mengakui, upaya menjaga kelestarian hutan Aceh mengalami beragam rintangan dan tantangan. Selain minimnya personil dan luasnya hutan yang harus di awasi, juga seringkali ditemukan pembalak liar yang memiliki kekuatan ’besar’. ” Rata-rata ada oknum tertentu. Jadi kadang-kadang orang kita (polhut) terpaksa mundur,” bebernya lagi.

Selain melibatkan kelompok tertentu dalam pembalakan hutan, pihaknya juga ikut merasa prihatin dengan ulah petani yang suka menebang hutan dengan dalih membuka lahan pertanian yang baru. ” Padahal, masih banyak lahan-lahan pertanian yang terbengkalai tak tergarap,” sesalnya lagi.

Kedepan katanya, upaya menjaga hutan akan melibatkan masyarakat sekitar. Kondisi hutan dan tingkat ketergantungannya hanya masyarakat dan penduduk sekitar yang mengetahuinya. Jadi peran masyarakat sangat urgen dan tak dapat dipisahkan. ”Pemerintah siap menfasilitasi dan mendukung sehingga hutan di Aceh kembali berfungsi seperti sediakala,” janjinya.(BNC)
Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa