Headlines News :
Home » , » Bantuan Musibah Gempa Harus Tepat Sasaran

Bantuan Musibah Gempa Harus Tepat Sasaran

Written By ichsan on Senin, 16 Januari 2012 | 23.14


SUBULUSSALAM. Aceh News - Bantuan untuk masyarakat yang terkena musibah gempa bumi pada awal bulan September 2011 lalu dikhawatirkan sipenerima tidak tepat sasaran dan tumpang tindih. Demikian disampiakan Ketua LSM berkah Syahril, SE.

Pasalnya tegas Shahril yang menangani bantuan tersebut terdiri dari dua bagian yaitu Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) sehingga data yang dimilikipun bisa berbeda dan tumpang tindih.
Apalagi sipenerima bantuan harus membentuk kelompok melalui ketua, sehingga dalam susunan kelompok bisa satu keluarga terkena musibah terdaftar di dua kelompok dengan nama berbeda.

Seperti halnya bantuan yagn diserahkan Dinas Sosial beberapa hari lalu kepada 135 Kepala Keluarga sebesar Rp. 10.000.000,00/KK. Padahal jumlah keluarga yang rumahnya rusak berat di wilayah Kota Subulussalam menurut data di BPBD Subulussalam mencapai 264 KK, sehingga terjadi kecemburuan sosial oleh yang tidak dapat bantuan.

Sedangkan Kabid Rehabilitasi Sosial Atang Suhendra, ST mengatkaan pihaknya telah menerima Fax dari Menkokesra Nomor: B.3056/12/2011 Tanggal 11 Januari 2012 isinya agar Proposal permohonan bantuan gempa 2011/2012 ditindak lanjuti.

Sehingga besar kemungkinan dana untuk bantuan tersebut akan turun sesuai data yagn diusulkan masalahnya data yang diusulkan dikhawatirkan masih terdaftar nama yagn telah mendapat bantuan dari Dinas sosial, sehingga bisa dikatakan tumpang tindih dan kecemburuan sosial bagi yang lain.

Untuk itu Ketua LSM Berkah Syahril, SE menyarankan agar pihak terkait benar-benar meneliti sipenerima bantuan agar tepat sasaran dan tidak terjadi kecemburuan sosial bagi yang lain. (RB)

Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa