Headlines News :
Home » , , , » Pengembangan Desa Wisata.

Pengembangan Desa Wisata.

Written By ichsan on Rabu, 28 Desember 2011 | 23.18


Pariwisata saat ini menjadi bisnis yang sangat berkembang diberbagai belahan Dunia.

Bisnis pariwisata sangat diminati berbagai kalangan.Pariwisata telah medatangkan devisa bagi negara.Selain itu bisnis pariwisata dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, selain itu dunia pariwisata mampumenjalin persahabatan,persaudaraan antar negara dan suku bangsa.

Kepentingan dunia pariwisata disamping memperkenalkan keragaman adat istiadat,alam dan budaya disuatu daerah,pariwisata juga dapat meningkatkanharkat dan martabat suatu bangsa dan bangsa tersebut dikenal diseluruh dunia.

Menurut data dalam WTO ( World Tourim Organzation ).2 billion US $ dihasilkan setiap harinya melalui bisnis pariwisata.banyak negara tertarik untuk mengembangkan berbagai potensi daerah untuk dijadikan objek pariwisata.Pariwisata dapat meningkatkan percepatan pembangunan ekonomi.

Pengelolaan pariwisata dapat dikelola dengan baik akan dengan pengembangan menjadi sebuah langkah strategi livelihood dengan tingkat kemandirian dan substainnabilitas yang sangat tinggi.Pariwisata dapat menjadikan untk menyelamatkan pelestarian lingkungan hidup,situs  situs budaya, promosi kesenian daerah menujun pentas dunia.
   
Dunia pariwisata diAceh saat ini lebih menonjolkan paket pariwisatanya dengan objek alam , objek sejarah.namun untuk objek alam seperti pantai tidak begitu berkembang dikarenakan tertutup ( enclaved ), disebabkan adat istiadat yang masih kuat dinegeri syariat.berbeda dengan Pantai Bali atau pantai daerah lainnya.hal tersebut bisa dimaklumi.bai turis mancanegara mereka lebih cenderung menjadikan alam aceh sebagi objek adventure (petualang ) atau penelitian terhadap situs – situs sejarah. Atau untuk melihat seni budayanya yang beragam dan unik, spesifik dari daerah lainnya seperti Saman, seudati. Melirik upaya lainnya dalam pengembangan kepariwisataan Aceh kuhusnya Aceh Besar

Adalah pengembangan Desa Wisata. Ada beberapa desa yang dapat dijadikan kawasan pengembangan desa wisata. Dan menjadikan kawasan tersebut sebagai kawasan objek percontohan bagi desa lainnnya, ada empat desa diAce Besar dan memeliki objek spesifik yang berbeda.Sehingga desa- desa tersebut mudah dikenali da menarik bagi wisatawan. Dan desa- desa tersebut dapat memberikan pekerjaan bagi penghidupan warganya.Selain itu dapat memberikan kontibusi bagi daerah setempat.

Kawasan/Desa Wisata di Desa Saree Aceh Tahun 2011 menurut Muhammad T.Is.SP - Pembina Desa wisata saree Aceh kecamatan lembah Seulawah dengan objek: Wisata alam, makanan spesifik/kuliner,kerajinan kayu/ukiran motif aceh,kesenian tradisi dan pengembangan
, kawasan agri wisata.dananya dikucurkan oleh kementerian pariwisata senilai Rp. 70.000,000,-.
 
TU J U A N:
Tujuan dari pengembangan desawisata adalah ;
memperkenalkan wisata daerah kemancanegara.
Menambah income daerah.
Meningkat livelihood bagi masyarakat.
Mengatasi angka pengangguran dengan penciptan lapangan kerja baru.
Menjaga kelestarian lingkungan hidup denga pengelolaan lingkungan yang baik dan terawat.
Menjaga kembali seni budaya dan tradisi daerah agar tidak punah.

PELAKSANA DESA WISATA :
Pelaksanaan bagi pengembangan Desa wisata dilaksanakan oleh Dinas pariwisata dan Kebudayaan Provinsi/Kabupaten Aceh Besar dengan Kelompok sadar wisata (KOSAWIS ) Saree dan.Pengembangan Desa wisata ini melibatkankan berbagai stake holder dan elemen masyarakat bagi percepatan pembangunan pedesaan.


                                                               Pembina PNPM Mandiri Pariwisata
                                                                                 Desa Saree Aceh


                                                                           Muhammad T.Is.SP





Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa