Headlines News :
Home » , , , » STPP Saree Tutup

STPP Saree Tutup

Written By ichsan on Jumat, 31 Agustus 2012 | 20.52

SAREE/ACEH BESAR, Aceh News - Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian  (STPP) Saree Kabupaten Aceh Besar tutup dan melaksanakan wisuda terakhir bagi para lulusannnya, Rabu (30/08/2012) diAuditorium STPP yang dihadiri oleh kepala Pusat pendidikan, standarisasi, sertifikasi dan propesi pertanian, kementerian petanian Heri sulianto MBA,Staf Ahli Bidang SDM, Ismayani dan pembantu rector III UNsyiah Edy Nur Ilyas.

Pentupan sekolah STPP Saree ini sesuai dengan UU Sisdiknas ,perguruan tinggi,sekolah tinggi yang berada dibawah Kementerian, terpaksa tutup.Pentutupan sekolah tinggi ini terbentur undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional dan belum dikeluarkannnya keppres. Dan menurut Ketua I STPP Ir.Muhammad nasir MP STPP telah diserahkan kepada pemerintah provinsi Aceh ,” hingga kini belum tahu mau diapakan sekolah ini” katanya kepada wartawan.
       
“dalam pertemuan dengan pemerintah provinsi aceh kami meminta sekolah ini dialih fungsikan menjadi sekolah menegah kejuruan peternakan, langkah ini kita ambil ntuk menyelamatkan asset“ harapnya.dan juga M.nasir berharap kepada pemerintah aceh agar dapat meneluarkan pergub agar asset dapat diselamatkan dan tidak terbegkalai.
       
Dari sumber yang diterima media ini pihak pemerintah Aceh,Dinas pertanian Provins Aceh telah mengadakan pertemuan dengan pihgak STPP,SMK PP Negeri Saree, berdasarlkan hasil pertemuan tersebut untuk sementara waktu siswa jurusan peternakan diSMK PP Negeri Saree dipindahkan belajarnya ke STPP Negeri Saree, menginggat keterbatasan daya tampung siswa, fasilitas diSMK PP Negeri Saree masih minim terutama asrama. Dan pihak SMK PP negeri Saree yang berlokasi satu pagar dengan STPP telah mengajukan surat permintaan pinjam pakai fasilitas dan telah disetujui kadistan provinsi Aceh. Keberlanjutan STPP masih dalam proses apakah dijadikan SMK Peternakan, atau menjadi lembaga pelatihan ataupun sekolah tinggi masih menunggu Pergub dari gubernur Aceh.

Dalam satu kesempatan dengan media ini di Kementerian pertanian,(13/08/2012) Heri suliyanto MBA mengatakan, bahwa ditutupnya STPP dikarenakan terbentur dengan undang-undang sisdiknas, dan keberlajutan STPP Saree tergantung dari pemerintah daerah, kita hanya memfasilitasi saja, bila dijadikan sekolah pertanian kita tetap mendukung sesuai prosedurnya dan menempuhi prosedur yang berlaku. ”Langkah-lagkah apa saja yang perlu dipenuhi untuk dijadikan SMK atau perguruan Tinggi harus diikuti“ katanya. Sementara ini kita masih membina sekolah yang berada dibawah kementerian pertanian yaitu STPP bogor, STPP malang dan STPP Cibalagung,STPP Manokwari.
     
STPP Saree sebelum berdirinya beberapa tahun silam dan telah melahirkan ratusan penyuluh pertanian dan telah bekerja diprovinsi Aceh maupun diprovinsi lainnnya diIndonesia ini dibuka setelah menyusul ditutupnya SPP Negeri Saree Aceh (d/h.SPP_SNAKMA Saree). Dan kini STPP pun ditutup, Sehingga baik PNS, staf kependidikan di STPP Negeri Saree mulai resah hendak dikemanakan lembaga pendidikan ini.
   
Namun para alumni STPP yang ditemui Aceh News, berharap pemerintah Aceh tidak membiarkan STPP ditutup dan mengharapkan tetap adanya keberlangsungan sekolah tinggi. 

Harapan senada juga dari mantan kepala SPP SNAKMA Ir. Machluddin, Msc, dan para alumni SPP Snakma. Karena sangat disayangkan keberadaan assetnya, tenaga kependidikan serta potensi-potensi lainnya dalam membangun SDM pertanian diProvinsi Aceh. 

”Kami kecewa sebagai alumni dulu tutup SPP Snakma mendirikan STPP sekarang tutup lagi STPP” ujar alumni yang mulai resah dengan kondisi buka tutup dan berharap pemerintah Aceh serius memikirkan keberlanjutan pasca STPP tutup serta berharap tetap dibuka perguruan tinggi atau kembali ke SMK Peternakan.

Lulusan STPP Saree menurut Pembantu Dekan I Ir.M.Nasir wisuda sarjana S1 yang diwisuda sebanyak 70 lulusan, 36 lulusan dibidang studi penyuluhan pertanian dan 34 bidang penyuluhan peternakan.

Sementara 2 orang wisudawa/ti lulus dengan pujian yaitu Mulyadi (peternakan) dan Sumarlin juga peternakan. Para wisudawa/ti lulusan STPP mengantongi gelar ijazah SST (sarjana Sain terapan). Serta para lulusannnya telah banyak penyuluh kontrak.(M.T.Is)
     

Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa