Headlines News :
Home » , » Wushu Gemilang di Dua Event Nasional

Wushu Gemilang di Dua Event Nasional

Written By ichsan on Selasa, 17 Juli 2012 | 01.54


PONTIANAK, Aceh News - Untuk PON XVIII di Riau yang akan dihelat pada 9-20 September mendatang, wushu telah memastikan empat atletnya yang akan tampil membela Kalbar. Meski bukan sesumbar, induk wushu Kalbar Pengprov WI Kalbar menargetkan 1 emas dan 1 perak. 

Meski WI Kalbar disibukkan dengan pembinaan yang telah masuk dalam waktu pemusatan terhadap empat atlet tersebut untuk PON, namun pembinaan dan kompetisi terhadap atlet muda juga ikut diperhatikan. Beberapa waktu yang lalu, WI Kalbar mengirimkan atlet terbaiknya pada open turnamen di Bandung dan Kejurnas di Riau. Haislnya, meski boleh dikatakan untuk anggaran pembinaan olahraga di Kalbar tidak ada (minim), namun pada turnamen tingkat yunior ini, Kalbar mampu bicara banyak. Pada open turnamen di Bandung Kalbar menyabet 6 emas dan 6 perak. Sedangkan pada Kejurnas di Riau beberapa hari lalu, Kalbar mampu membawa 2 emas, 2 perak, dan enam perunggu dari 12 atlet yang dikirim.

Ketua Pengprov WI Kalbar, Michel Yan Widodo saat ditemui di GOR Pangsuma usai pembukaan Open Turnamen Tenis Meja kemarin menuturkan, prestasi tersebut merupakan modal untuk wushu Kalbar ke depan. Soal open turnamen dan kejuaraan yang diikuti oleh WI Kalbar, Michel Yan menuturkan rata-rata atlet Kalbar yang tidak memperoleh medali masuk dalam rengking atas atau sepuluh besar. Itupun menurut Michel Yan mereka dikalahkan oleh atlet nasional dan bahkan ada yang sudah setingkat internasional.

“Bukan hanya karena saat ini, Wushu Kalbar telah lama punya nama di tingkat nasional. Melalui pembinaan yang intensif, meksi fasilitas yang sederhana, kami bisa membuktikan bahwa kami bisa mengharumkan nama Kalbar,” ujarnya.

Michel Yan menambahkan, olahraga apapun tidak bisa dilakukan dengan instan. Semua harus berproses. Termasuk wushu, dilakukan dengan tingkat yang rendah, yakni dari tingkat yunior. Keterbatasan sarana dan pembiayaan, menjadi kendala besar dalam mengembangkan olahraga. Akan tetapi, WI Kalbar tak mau semua berpusar pada biaya. Dengan SDM dan biaya minim yang ada. Kalbar terus memacu untuk terus berprestasi, salah satu yang dilakukan ialah memfokuskan pada pembinaan di dua jurus pedang dan tombak. Di dua jurus ini, Kalbar banyak bicara. 

Disinggung mengenai target PON mendatang, Michael Yan menegaskan target dua medali yakni emas dan perak bisa dapat disumbangkan oleh Junaidi dan Syauri. “Syauri pada Kejurnas menempati peringkat empat. Motivasi ini diharapkan ia bisa menciptakan perak untuk Kalbar,” tuturnya.

Empat atlet yang akan membawa bendera Kalbar di cabang wushu pada PON mendatang yang Junaidi. Sofyan Syauri, Anggun, dan Helenda. Sedangkan atlet-atlet wushu Kalbar yang menyumbangkan medali pada Kejurnas di Riau beberapa hari lalu ialah Septian yang turun di kelas A menyumbang satu perak di nomor nangun, dan dua perunggu di nomor nanquan dan nandau. Septian juga menyumbang satu perunggu melalui nomor pasangan bersama Dion di kelas A pada nomor duilian.

Sedang Charlie yang turun di kelas D menyumbang dua emas melalui nomor cangquan dan daosu. Aldo menyumbang 1 perunggu di kelas B pada nomor Jiangsu. Dan Azahra mempersembahkan dua perunggu melalui nomor dauso dan nanquan. (Ubay KPI)


Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa