Headlines News :
Home » , » Bupati Baru diminta Pedulikan Keluhan Warga

Bupati Baru diminta Pedulikan Keluhan Warga

Written By ichsan on Selasa, 03 Juli 2012 | 22.56


ACEH UTARA, Aceh News - Warga Kecamatan Langkahan, Aceh Utara, meminta kepada calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Utara terpilih untuk meningkatkan berbagai sarana infrastruktur kebutuhan masyarakat, terutama di bidang pertanian perkebunan.

Permintaan itu disampaikan Geusyik Desa Lubok Mane, M.Hasan Ismail, pada acara kenduri Peusijeuk Blang (Kenduri Sawah) yang digelar pada Selasa (03/07/2012) 

Acara tersebut, dibuka oleh masyarakat petani Kecamatan Langkahan sebagai adat kebiasaan menjelang turun sawah. Terkait dengan acara itu, masyarakat mengundang Calon Bupati Terpilih Aceh Utara, M. Thayeb, serta beberapa unsur dinas lainnya di Aceh Utara untuk menghadiri acara tersebut.

Ternyata, hanya wakil bupati, M.Jamil M.kes, dan Kepala Dinas Pertanian, dan mewakili Dinas Perairan, Ketahanan pangan, BPP Langkahan serta muspika setempat termasuk mewakili beberapa unsur dinas lainnya.

Dalam kesempatan itu, Geusyik Lubok Mane, M.Hasan Ismail menguraikan keluhannya terkait berbagai kepentingan peningkatan infrastruktur yang belakangan ini belum terfasilitasi sebagaimana layaknya.

"Soal persawahan disini, kami memiliki luas sawah sebanyak 230 Hektar, sementara hasil gabah mencapai 4,5 ton per hektar, ini butuh perhatian pemerintah. Selain itu, sungai mati sepanjang 20 hektar serta jalan kelompok tani sepanjang 700 meter dan saluran tersier yang belum dibangun 1000 meter. Untuk meningkatkan perekonomian ikan air tawar juga perlu ditingkatkan" Sebut M.Hasan yang disimak oleh sejumlah unsur instansi yang hadir.

Menurut M.Hasan, Prioritas utama yang perlu diperhatikan pemerintah saat ini diantara keluhan lain adalah jalan lintas umum Kecamatan Langkahan yang belum tersentuh Peningkatkan. Ia berharap ada perhatian lebih dari pemda Aceh Utara demi memudahkan mengangkut hasil bumi agar perekonomiannya menjadi lancar.

Dalam kesempatan itu, Ketua Keujruen Kecamatan Langkahan yang juga merangkat di Desa Lubok Mane, Muktar Sabon, mengatakan, Terkait acara itu, diharapkan kepada warga desa tersebut agar dapat menjaga ketertiban persawahan karena pada tanggal 10 Juli mendatang warga sudah memulai turun sawah dengan serentak.  "Kita harap warga saling menjaga ketertiban persawahan, Seperti menjaga hewan peliharaan supaya tidak meganggu tanaman kita. Kita harap pula Bupati terpilih kali ini dapat memprioritaskan berbagai sarana kebutuhan pertanian dan perkebuna" Papar Muktar.

Seperti yang dikatakan oleh Camat Langkahan, T.Nadirsyah, di Kecamatan ini sebanyak 14 desa diantara 23 desa saat ini dalam sektor pertanian, sebagian lainnya dalam sektor perkebunan. "Sesuai yang kita lihat dan sesuai yang dikeluhkan warga Langkahan, kita selaku muspika juga berharap nantinya ada perhatian dari pemerintah" Ucap T.Nadirsyah.

Menanggapi hal tersebut, Calon Wakil Bupati, M.Jamil M.Kes, menerangkan, Permasalahan yang disampaikan wraga setempat, pihaknya akan membantu meningkatkan produktivitas pertanian ini. "Ini menjadi tugas kita pertama untuk menyelesaikan secara cepat. Program air bersih, infrastruktur jalan, Jembatan, agar harga sembako bisa terjangkau" Ucap M.Jamil.

Ia menambahkan, terkait perencanaan program - program itu nantinya ditargetkan pada 2013 mendatang akan diprioritaskan, "Itu Perlu kerja sama antara rakyat dengan pemerintah. Yang kita utamakan peningkatan SDM yang unggul. Saya akan melakukan, bukan hanya mengatakan, dulu belum ada kekuasaan sekarang sudah ada, tetapi nanti saya akan menjawab setelah pelantikan" Tambahnya.

Disamping itu kata M.Jamil, sambil menutup acara, itu perlu juga adanya dukungan berat dari tokoh - tokoh masyarakat untuk membantu membangun bersama. (Jamal)

Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa