Headlines News :
Home » , , » Ada Sekitar 682 Koperasi di Aceh Besar

Ada Sekitar 682 Koperasi di Aceh Besar

Written By ichsan on Jumat, 13 Juli 2012 | 00.03


  • Diantaranya, 335 Koperasi Eksis dan 176 Koperasi tak Aktif
KOTA JANTHO, Aceh News - Wakil Bupati Aceh Besar, Drs Syamsulrizal M.Kes mengemukakan, hingga sekarang di Aceh Besar terdapat 682 koperasi yang tersebar di 23 kecamatan. "Koperasi aktif sebanyak 355 unit, koperasi tak aktif 176 unit, yang telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun buku 2011 sebanyak 61 unit dengan jumlah anggota seluruhnya 40.926 orang," ungkap Syamsulrizal ketika membacakan sambutan tertulis Bupati Aceh Besar saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Koperasi Indonesia Ke-65 di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Kamis (12/07/2012). Hadir dalam kesempatan itu, para Asisten Setdakab, pimpinan SKPK, dan PNS jajaran Pemkab Aceh Besar.

Wabup Aceh Besar menyatakan, kabupaten tersebut memiliki potensi yang besar, baik dari sektor pertanian, perkebunan, perikanan, dan sektor-sektor lain. Oleh karena itu, peran koperasi sangat diharapkan untuk dapat memberikan kontribusi bagi daerah dan juga bermanfaat, khususnya dalam rangka meningkatkan pendapatan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi.


Kepada pengelola koperasi selaku pelaku ekonomi, Syamsulrizal mengharapkan agar benar-benar proaktif dalam memberdayakan ekonomi masyarakat. Hal itu dikarenakan, kuatnya suatu daerah dan negara sangat didukung apabila masyarakat dan rakyatnya sudah makmur, mandiri, dan sejahtera.

Dikatakan, koperasi sebagai wadah ekonomi rakyat merupakan pelopor dari pembangunan masa lalu, dewasa ini pun sedang menghadapi krisis, baik dalam bidang kelembagaan, maupun kewirausahaan. Hal ini dicerminkan oleh pertumbuhan kuantitas yang tidak seimbang dengan peningkatan kualitas. Ini mungkin lebih disebabkan karena reformasi di bidang ekonomi yang menuntut adanya kemudahan, baik pembentukan, maupun pemberian Badan Hukum Koperasi yang harus juga diikuti adanya peran serta dinas terkait lainnya dalam rangka mendorong serta membina tumbuh dan berkembangnya koperasi di Kabupaten Aceh Besar.

Sementara itu, Kadisperindagkop dan UKM Aceh Besar Rizal Junaidi menjelaskan, dari sebagian koperasi yang tidak aktif diakibatkan karena kegiatan usahannya yang tidak berjalan lagi, pengurusnya tidak lengkap dan anggota yang amburadul. Untuk itu, dia berharap kepada koperasi yang seperti itu, agar kiranya dapat berbenah melalukan rapat anggota, untuk menentukan langkah dan jalannnya kembali usaha koperasinnya. "Jika tidak bisa kita bina lagi, maka koperasi tersebut dibubarkan, dan pada koperasi yang masih eksis kami memberikan apresiasi," tandasnya.

Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar, Ridwan Jamil SSos MSi menambahkan, dalam peringatan Hari Koperasi Ke-65 Tingkat Kabupaten Aceh Besar, Wabup Syamsulrizal juga menyerahkan hadiah kepada tiga koperasi terbaik, masing-masing Primkoppol SPN Seulawah, Koperasi Bina Mandiri, serta KPRI Cit Sibati. Adapun dari unsur UKM, juara I, II, dan III masing-masing diraih Usaha Dagang Rahmad, Kajhu Swalayan, dan Usaha Dagang Udep Tani.[HA]
Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa