Headlines News :
Home » , , » 610 Siswa dan Guru ikut simulasi Gempa Bumi

610 Siswa dan Guru ikut simulasi Gempa Bumi

Written By ichsan on Selasa, 12 Juni 2012 | 00.31


·        Pejabat MDF pantau siswa Aceh ikut Simulasi Gempa Bumi

BANDA ACEH, Aceh News, Salah satu upaya Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) Unsyiah melakukan pengarus utamaan kesiapsiagaan bencana disekolah, yaitu melalui “Pelaksanaan Simulasi Gempa Bumi”, Senin (11/06/2012) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Banda Aceh, sebagai wujud antisipasi untuk warga sekolah dalam menghadapi bencana gempa bumi yang sewaktu - waktu bisa terjadi.

Pengalaman gempa bumi yang melanda Aceh, 11 April 2012 kekuatan 8,5 SR disusul 8,1 SR berpusat di Samudra Hindia mengguncang lima provinsi di Sumatra, membuat masyarakat Aceh panik dan menuju tempat yang lebih tinggi tak terkecuali siswa yang ada di sekolah

Simulasi ini diharapkan agar warga sekolah dapat menguji coba prosedur tetap/ Standart Operational Prosedur (SOP) yang telah disepakati bersama, sehingga dapat diidentifikasi informasi yang masih harus disesuaikan dalam prosedur tetap tersebut.

Simulasi yang diikuti sekitar 610 warga sekolah, terdiri dari siswa dan guru SDN 2 Kota Banda Aceh serta beberapa undangan dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banda Aceh, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, Polsek, serta Camat Meuraxa dan masyarakat setempat.

TDMRC Unsyiah memberikan apresiasi kepada para pihak Multi Donor Fund (MDF) dan media nasional yang hadir menyaksikan langsung praktek terbaik kesiapsiagaan siswa menanggulangi bencana di SDN 2 Banda Aceh.

Ketua Divisi Advokasi Pendidikan dan Pelatihan TDMRC Unsyiah, Mukhlis A.Hamid menambahkan, kegiatan ini bagian dari proses membangun kesiapsiagaan bencana melalui program sekolah siaga bencana yang dipusatkan pada penguatan kapasitas manajemen sekolah, guru, dan murid, dampak yang cukup positif terhadap penumbuhan kesadaran, pengetahuan, dan perubahan kebijakan di sekolah dalam mengurangi risiko bencana.

Lanjut muklis, pada Selasa besok, 12 Juni 2012, berlanjut dengan DRR Campaign for School Community - Kampanye Kesiapsiagaan Komunitas Sekolah, di Kantor TDMRC Unsyiah, Ulhee Lheue. 


Rangkaian kegiatan meliputi, Lomba Mengambar dengan Tema: Pemanfaatan Gedung Penyelamatan untuk 350 siswa dasar Se-Banda Aceh dan Aceh Besar, dimeriahkan juga dengan Pameran dan Pagelaran Seni oleh Siswa.[]


Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa