Headlines News :
Home » , » Kota Banda Aceh Gelap Gulita Selama 1 Jam

Kota Banda Aceh Gelap Gulita Selama 1 Jam

Written By ichsan on Jumat, 30 Maret 2012 | 20.24


BANDA ACEH, Aceh News -  Selama 1 jam ruas jalan protokol kota Banda Aceh dan juga kantor pemerintah akan gelap gulita atau di padamkan sementara ini mengingat adanya aksi padam lampu pada Sabtu malam minggu 31 maret 2012 mulai pukul 21.00-22.00 aksi yang baru pertama kalinya di lakukan di Banda Aceh dalam rangka berpatisipasi Earth Hour 2012 yang di dukung WWF dan  31 komunitas bersama serta pemko Banda Aceh.

Banda Aceh adalah kota pertama di pulau sumatera yang berinisiatif ambil bagian dalam aksi ini. Tahun ini ada 19 kota utama yang berpatisipasi di Indonesia dengan tujuan untuk kampanye global hemat energi dan tahun ini ada 147 negara serta 5251 kota yang melakukan pemadaman serentak pada pukul 20-30  waktu setempat untuk Aceh sendiri dimulai pada pukul 21.00 setelah warga selesai melakukan shalat Isya kata Chik Rini Kordinator Earth Hour, Jumat (30/03/2012) di tower caf√©.

Menurut Chik Rini pemadaman lampu ini tidak di peruntuhkan kepada seluruh masyarakat kota untuk mematikan lampu ini sifat nya sukarela dan tidak ada pemadaman lampu  dari PLN, Ia hanya menghimbau agar masyarakat mau mengurangi pemakain energy Listrik di rumah masing-masing sebagai bentuk dukungan bagi upaya penyelamatan bumi dari pemasan global,Chik Rini juga mengucapkan banyak terima kasihnya atas dukungan Kapolda Aceh yang mengintruksikan jajaranya mematikan selama 1 jam setiap harinya di lingkungan perkantoran dan asrama polisi.

Ditempat yang sama kepala Humas Pemko Drs. Mahdi yang di dampingi kepala dinas DKP kota T.Irwan Kesuma  menjelaskan ada 4 ikon kota Banda Aceh yang akan dipadamkan yakni Mesjid Raya Baiturrahman,Balaikota ,Museum Tsunami dan jembatan Pante Pirak serta gedung perkantoran di bawah jajaran Pemko dan lampu –lampu di sejumlah ruas jalan utama di banda aceh seperti Teuku Umar, Cut Nyak Dhien, Mohammad Hasan, Daud Beureueh,T nyak arief dan seputaran peunayong.

Sementara itu panitia puncak Earth Hour Bayu Aji Wibowo mengatakan detik-detik pemadaman lampu  menurut rencana akan di pusatkan dibalai kota dan akan di pimpin  duta Earth Hour Aceh Pj.walikota T.Saifuddin  TA.Juga aka nada di berikan penghargaan kepada pihak-pihak yang berpatisipasi dalam terselengaranya acara ini,ceramah lingkungan bersama TGK.Abdurrahman Kaoy serta penampilan seni perkusi,dan drama komedi,seni bela diri dan pembacaan puisi kata Bayu. (van) 
Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa