Headlines News :
Home » , » Tenaga Dokter Gigi Kurang di Aceh

Tenaga Dokter Gigi Kurang di Aceh

Written By ichsan on Kamis, 29 Desember 2011 | 18.29


BANDA ACEH, Aceh News - Persatuan Dokter Gigi Indonesia  (PDGI) berkerja sama dengan PT.unilever Indonesia TBK yang di wakili pepsodent kembali melanjutkan penyelenggaraan bulan kesehatan gigi nasional (BKGN) tahap yang kedua yang berlangsung di gedung serba guna blang padang Banda Aceh, Kamis (29/12).

Dalam kegiatan ini akan di berikan edukasi cara menyikat gigi yang baik dan benar ,gerakan sikat gigi bersama dan pemeriksaan serta pengobatan gigi .

Data PDGI Cabang Banda Aceh menyebutkan sebanyak 67% dari 4,5 juta penduduk Aceh di ketahui menderita penyakit gigi berlubang dan masalah gusi ,sementara itu kasus karies gigi aktif di Provinsi Aceh berdasarkan Riskesdas 2007 ,terhitung tinggi yaitu 41 %.

Ini menunjukan data karies aktif di Aceh lebih rendah dibandingkan jumlah warga nya yang memiliki pengalaman karies gigi yaitu 62,9%,untuk kesadaran masyarakat Aceh tentang pentingnya menyikat gigi dengan benar mencapai 87,6% tetapi baru 4,9% saja yang mengerti cara menyikat gigi yang benar yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Kegiatan ini sebagai komitmen unilever untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut dengan edukasi menyikat gigi yang benar serta memeriksa ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali jelas Drg.Ratu Mirah Afifah pada Aceh News.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh M.Yani mengatakan saat ini dokter gigi tidak merata di semua tempat yang ada di Provinsi Aceh, semua dokter gigi menumpuk di Banda Aceh ini salah satu kendala kenapa angka penyakit gigi dan mulut angkanya tidak bisa di tekan Aceh.

Yani juga mengharapkan bukan hanya ahli medis gigi yang di tambah tetapi juga distribusi dokter gigi juga di tambah di kabupaten/ Kota di Provinsi Aceh.

Pemerintah Aceh Dinas Kesehatan dalam hal akan terus untuk melengkapi kebutuhan dokter gigi, terutama unit-unit gigi yang ada puskesmas karena tanpa unit-unit gigi ini mereka para dokter tidak bisa berkerja maksimal seperti apa yang kita harapkan katanya

Dalam acara  tersebud juga didemokan cara sikat gigi yang benar yang di ikuti seratus anak sekolah dasar di Banda Aceh. (van)
Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa