Headlines News :
Home » , » BMKG: Malam Tahun Baru Diguyur Hujan

BMKG: Malam Tahun Baru Diguyur Hujan

Written By ichsan on Sabtu, 31 Desember 2011 | 00.47


YOGYAKARTA - Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan mengguyur Daerah Istimewa Yogyakarta, menjelang pergantian malam Tahun Baru 2012.

Staf Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Yogyakarta Indah Retno Wulan saat dihubungi di Yogyakarta, Jumat (30/12) mengatakan hujan diprediksi terjadi pada sore hingga malam menjelang malam pergantian Tahun Baru 2012.

"Hujan diperkirakan merata pada sore hingga malam hari di seluruh kawasan DIY," kata dia.

Menurut dia, curah hujan dalam beberapa pekan ke depan bervariasi, yakni ringan, sedang, dan lebat.

Dia mengatakan dalam beberapa hari ke depan curah hujan diperkirakan mencapai 50 milimeter per hari atau intensitas ringan hingga sedang, yang akan terus bertambah hingga mencapai puncaknya pada Januari 2012.

Dia mengatakan tekanan udara rendah yang menguat di Equator bagian Selatan menyebabkan penambahan jumlah hujan, angin kencang, dan gelombang tinggi.

BMKG mengimbau masyarakat yang merayakan malam pergantian tahun baru tetap waspada karena hujan disertai angin kencang berpotensi terus terjadi dalam beberapa hari ke depan.

"Masyarakat hendaknya mewaspadai pohon tumbang dan papan reklame saat terjadi angin kencang," kata dia.

Dia mengatakan kecepatan angin di daratan saat ini mencapai sembilan hingga 18 kilometer (km) per jam, sedangkan di kawasan perairan mencapai 18 hingga 27 km per jam.

"Angin kencang di perairan membuat gelombang laut mencapai ketinggian tiga meter," kata dia.

Ia mengatakan masyarakat yang berwisata ke pantai hendaknya berhati-hati dan tidak berenang di laut karena ketinggian gelombang laut tiga meter diprediksi terjadi hingga 2 Januari 2012. (Ant/L-9)


Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa