Headlines News :
Home » » Warga Pariaman: Masih adakah Bantuan Gempa itu?

Warga Pariaman: Masih adakah Bantuan Gempa itu?

Written By ichsan on Sabtu, 29 September 2012 | 18.47


PADANG, Aceh News – “Masih adakah bantuan bagi korban gempa 30 September 2009 lalu?” Begitulah jeritan hati Murni (56), penduduk Bungin Kecamatan VII Koto, Padang Pariaman, Sabtu (29/09/2012) 


Murni merupakan seorang korban gempa bumi pada 2009 lalu, Tapi sudah tiga tahun, ia belum juga memperoleh bantuan. Padahal rumahnya hancur akibat gempa berkekuatan 7,9 SR.


“Kami sudah berusaha mengurusnya. Sayangnya rumah kami tidak masuk daftar untuk memperoleh bantuan, karena rumah tersebut tak berpenghuni lagi,” ucap Murni sedih.


Dia juga mengakui rumah tersebut tidak ada penghuninya. “Dulunya rumah itu saya bersama kedua orang tua yang menempatinya. Mengingat perekonomian dan pencarian di kampung tidak mencukupi kebutuhan, saya merantau ke Jakarta. Tak lama kemudian ibu menyusul saya sehingga rumah itu tak ada penghuninya lagi,” ucap Murni.


Murni mempertanyakan tentang kriteria masyarakat yang memperoleh bantuan gempa. “Apakah saya tidak termasuk dalam kriteria memperoleh bantuan gempa? Apakah salah saya mempertanyakan kembali kenapa rumah saya tak masuk dalam kategori penerima bantuan gempa. Padahal saya ingin sekali menempati rumah itu kembali,” ucap Murni dengan nada iba.


Saat gempa bumi 2009 mengguncang Ranah Minang, Murni tengah mengadu nasib di Jakarta sebagai pedagang sate. “Berapalah penghasilan dari berdagang sate,” ucapnya sambil menerawang.


Tak hanya rumah Murni yang tidak memperoleh bantuan gempa. Roslaini yang juga adik sepupunya juga tidak memperoleh bantuan gempa. “Rumah kami memang kosong. Saya di Jakarta. Sementara kakak saya di Padang. Orang tua kami sudah meninggal,” ucap Roslaini.

Selanjutnya Wanita itu menceritakan, kakaknya sudah berusaha untuk melaporkan kerusakan rumah tersebut. Sayangnya, alasanya masih sama, yakni rumahnya tak ada penghuni lagi.


Keduanya masih mengharapkan kepada pemerintah kabupaten/kota agar bisa memasukkan mereka dalam daftar penerima bantuan gempa. Mereka merupakan potret korban gempa yang belum memperoleh bantuan dari pemerintah. (Benni)

Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa