Headlines News :
Home » , » Panjat Tebing Tak Mau Ambil Resiko

Panjat Tebing Tak Mau Ambil Resiko

Written By ichsan on Minggu, 16 September 2012 | 23.30


RIAU, Aceh News - Satu atlet panjat tebing Kalbar, Stephanus Yonathan memastikan satu tempat di babak final cabang panjat tebing nomor boulder perorangan putra. Pada PON XVIII Riau. Partai final akan digelar di kawasan Universitas Riau, Senin (16/09/2012) pagi.

Mengantisipasi terjadinya hal yang tak diinginkan menjelang final. Pelatih Panjat Tebing Kalbar Heri Supiyanto memilih tidak melakukan latihan ekstra. Alasannya, menghindari kemungkinan resiko terjadi pada atletnya.

Menurut Heri, akan sangat beresiko bagi atlet jika tetap menggelar latihan keras sehari menjelang pertandingan. "Saya instruksikan Yonathan untuk beristirahat saja. Namun bukan berarti tanpa latihan. Latihan tetap jalan, namun latihan ringan sekedar menjaga kondisi tubuh,” ujarnya kemarin.

Selain mempersiapkan stamin untuk berlaga di final. Heri juga tak melepas mengatur strategi agar Jonathan mampu tampil menjadi yang terbaik. Salah satunya, melakukan diskusi bersama atlet dan asisten pelatihnya. “Itu untuk mencari strategi, sekaligus membaca kekuatan lawan,” ungkapnya.

Heri menilai, sedikit banyak kekuatan peserta PON di cabang panjat tebing mulai mengalami pergeseran, ia mencontohkan, dominasi Jawa Timur mulai bergeser ke provinsi Jawa Barat.

Tim Kalbar menurut Heri tak pernah diperhitungkan di kancah nasional. Namun secara mengejutkan pada PON kali ini mampu menembus final. "Selama ini kita dianggap sebagai tim partisipan, tapi ternyata di PON kali ini kita mampu menembus babak final," ujar Hendro, asisten pelatih panjat tebing Kalbar.

Walau tampil mengejutkan dengan berhasil lolos ke babak final, Hendro lebih memilih untuk tetap mejadi tim underdog. 

"Karena sebagai tim unggulan tentunya punya beban mental tersendiri, sedangkan kalau sebagai tim non unggulan, atlet kita bisa tetap bermain lepas tanpa beban," ujar Hendro.(ukpi)
Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa