Headlines News :
Home » , » Gubernur Aceh Resmikan SMAN Unggul Ali Hasjmy

Gubernur Aceh Resmikan SMAN Unggul Ali Hasjmy

Written By ichsan on Rabu, 20 Juni 2012 | 02.52


KOTA JANTHO, Aceh News - Penjabat Gubernur Aceh, Ir H Tarmizi A Karim MSc meresmikan pemakaian gedung SMAN Unggul Prof Ali Hasjmy di Kecamatan Indrapuri Aceh Besar, Selasa (19/06/2012).

Hadir dalam kesempatan itu, unsur Muspida Aceh Besar, Kadis Pendidikan Aceh Drs Bakhtiar, istri Pj Gubernur Hj Inayati Saaduddin Djamal, para mantan bupati Aceh Besar, bupati Aceh Besar terpilih Mukhlis Basyah, Pj Walikota Sabang Zulkifli HS, para kepala SKPK, kepala sekolah, dan tokoh-tokoh masyarakat Aceh Besar.

Dalam sambutannya, Tarmizi A Karim berharap agar dari Sekolah Unggul Ali Hasjmy tersebut dapat menghasilkan SDM yang berkualitas untuk kemajuan daerah. Oleh karenanya, kerjasama yang solid antarberbagai komponen masyarakat senantiasa diharapkan untuk mendukung kelancaran proses pendidikan. “Di negara manapun, SDM yang berkualitas menjadi modal utama dalam pembangunan. Itu pula sebabnya, saya berharap kehadiran Sekolah Unggul Prof Ali Hasjmy menjadi  awal kebangkitan pendidikan, khususnya di Aceh Besar,” katanya.

Dikatakannya, Prof Ali Hasjmy merupakan tokoh pendidikan dan pahlawan yang sangat berjasa bagi Aceh. Namanya dikenal di Nusantara, bahkan juga di luar negeri. Dalam konteks inilah, kepada generasi muda, Pj Gubernur mengharapkan agar selalu mengikuti keteladanan yang telah diperlihatkan tokoh sekaliber Ali Hasjmy. Di samping itu, khusus kepada pihak penyelenggara pendidikan, Tarmizi berpesan supaya selalu mengedepankan kejujuran, komitmen yang sungguh-sungguh, dan semangat tekad yang kuat untuk memajukan sektor pendidikan.

Pj Bupati Aceh Besar, Zulkifli Ahmad menjelaskan, sebelumnya di Aceh Besar  terdapat SMA Modal Bangsa sebagai sekolah unggul pertama di Aceh pada saat otonomi daerah. Sekolah tersebut merupakan binaan Pemkab Aceh Besar, namun saat ini telah menjadi sekolah binaan Pemerintah Aceh, sehingga Aceh Besar tak memiliki SMA Unggul lagi. Padahal, daerah lain hampir semuanya telah memiliki SMA Unggul, bahkan lulusannya sudah dapat bersaing hingga ke tingkat nasional.

Kehadiran Sekolah Unggul A Hasjmy diharapkan dapat mengangkat kembali harkat dan martabat pendidikan Aceh Besar, sehingga kualitas pendidikan dari hari ke sehari dapat semakin ditingkatkan. “Penabalan nama Prof Ali Hasjmy adalah untuk mengenang kembali tokoh pendidikan Aceh, pendiri Kopelma Darussalam sebagai Jantung Hati Rakyat Aceh, dan juga salah seorang mantan Gubernur Aceh,” tandas Pj Bupati Aceh Besar.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Aceh Besar Drs Fadhlan didampingi Kepala Sekolah SMA Unggul A Hasjmy, Jamaluddin SPd menambahkan, pada awalnya sekolah ini menumpang gedung milik Politeknik Indonesia Venuzuella selama tiga bulan karena keterbatasan fasilitas asrama. Selanjutnya, setelah melakukan kajian dan musyawarah bersama dengan orangtua siswa, maka operasional sekolah dipindahkan dan menumpang ke SMPN 1 Peukan Bada. Namun kini, Sekolah Unggul itu telah memiliki gedung sendiri dengan luas lahan seluruhnya mencapai 12,5 hektare. “Mudah-mudahan melalui Sekolah Unggul A Hasjmy ini semakin meningkatkan motivasi dan mutu pendidikan di Aceh Besar untuk mengorbitkan SDM yang berkualitas,” kata Fadhlan.(mrd)
Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa