Headlines News :
Home » , » Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan

Written By ichsan on Senin, 28 Mei 2012 | 22.27


"SMK Putra Bangsa Bontang Belajar Entrepreneur Sampai Jogja, Orang Bontang ke Jogja Beli Batik Kaltim" 

Sekolah menengah kejuruan Putra Bangsa Bontang adalah lembaga pendidikan kejuruan berbasis teknik dan bisnis - manajemen terdepan di kalimantan timur.  Dalam lima belas tahun terakhir sejak berdiri dua puluh satu tahun yang lalu, SMK Putra Bangsa berhasil  menjadi pilihan utama calon profesional di East Borneo.

Program peningkatan mutu lulusan hanya bisa dibangun dengan kerja keras untuk menciptakan siswa yang berprestasi akademik, ekstrakurikuler dan berwawasan Entrepreneur.  Oleh karena itu, SMK putra Bangsa konsisten untuk melakukan inovasi agar para siswa dapat memperoleh pendidikan serta pengalaman kerja dan kewirausahaan seluas-luasnya. Salah satunya dengan memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk mengikuti kegiatan studi wisata dalam kegiatan “entrepreneurship tour 2012” 

Kegiatan tahunan ini diharapkan mampu membuka cakrawala dan wawasan kewirausahaan siswa, agar lebih siap terjun ke dunia usaha setelah lulus sekolah nantinya karena telah memiliki berbagai pengetahuan dan pengalaman untuk meningkatkan motivasi mereka menuju kesuksesan. Sehingga nantinya mereka dapat mengembangkan potensi kewirausahaan, yang hingga saat ini masih terbuka luas.

Kegiatan ini melibatkan siswa SMK Putra Bangsa yang senang wisata dan tertarik dengan dunia kewirausahaan. Sejak tiba di Jogja Tanggal 28 April hingga 02 Mei 2012, rombongan Putra Bangsa mengunjungi belasan sentra usaha kecil kreatif seperti usaha kuliner, souvenir, batik, kerajinan kulit, perak, daur ulang sampah anorganik, fotografi, desain grafis dan lain-lain.

Peserta sangat menikmati tour kali ini, karena selain belajar kewirausahaan, mereka juga disuguhi dengan berbagai paket wisata menyenangkan.

Di lokasi tersebut, siswa-siswi melakukan observasi, wawancara langsung dan mengenal lebih dekat serba-serbi bisnis kreatif rumahan mulai dari cara produksi, manajemen, hingga marketing dan pengembangan usahanya.

Menurut pimpinan rombongan Fail Pattontongang, kegiatan yang berlangsung selama empat hari ini merupakan aspirasi anak-anak Putra Bangsa yang ingin berwirausaha tapi masih butuh berbagai pengalaman di bidang tersebut. “makanya anak-anak kita sarankan tour ke Jogja, di sana lumbungnya kerajinan tangan dan usaha kecil yang beromset besar. Untuk mengawali sebuah usaha butuh pengetahuan atau pengalaman, salah satunya dengan cara melihat langsung ke sentra produksinya seperti di Jogja. dan alhamdulillah, perjalanan kemarin cukukup memberikan inspirasi buat anak-anak yang ikut tour.

Sekarang mereka sedang merancang berbagai usaha kuliner yang siap dikembangkan di Bontang. Mudah-mudahan minggu ini sudah bisa produksi supaya ilmu yang mereka dapatkan di sana tidak mengendap”. Hal ini diungkapkan Fail saat ditemui di SMK Putra Bangsa Kemarin.

Mengakhiri perbincangan, Fail menceritakan salah satu kisah unik dalam PebeQ entrepreneurship di Jogja. “anak-anak justru banyak membeli oleh-oleh batik Kaltim di salah satu butik di Kaliurang Jogja. Yah karena memang batik khas Kaltim yang modis adanya hanya di Jogja, di Kaltim sendiri tidak ada batik Kaltim yang Modis seperti itu. artinya ini adalah salah satu potensi bisnis yang sangat menjanjikan untuk dikembangkan di Bontang.

“Semoga anak-anak putra bangsa dapat meraih potensi bisnis tersebut, sukses SMK Putra Bangsa”. Ujar Fail menggakhiri perbincanggan nya dengan wartawan Aceh News. (T.is) 

Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa