Headlines News :
Home » » Asal LINGE, Awal SERULE

Asal LINGE, Awal SERULE

Written By ichsan on Minggu, 19 Februari 2012 | 01.40

Linge  ku  Sayang,  linge  ku  malang, kata  seorang  Penulis  Buku  Sejarah  Linge, akan  tetapi  kita  sekarang  tidak  boleh  berputus  asa,  apa  yang  bisa  kita  perbuat  walaupun  dalam jumlah  kecil  yang  penting  ada  yang  harus  disumbangkan  baik  pemikiran,  maupun  material,  penulis  disini  adalah  salah  satu  dari  bahyak  keluarga  yang  mewakili  keluarga  besar  keturunan linge untuk  menyumbangkan  pikiran  terhadap  kemajuan  dan  perkembangan  negeri  Linge  ini,  siapa  lagi  kalau  bukan  kita  yang  merupakan  keturunannya,  Alm.  

Orang  tua  saya  pernah  membuat  suatu  yayasan  Perkumpulan  orang-orang  yang  berasal  dari  linge,  kemudian  sudah  pernah  kontak  dengan  orang  Karo  yang  keturunan  linge  (SiBayak  Linge)  yang ada  di  Tanah  Karo  disebut  Lingga,  tetapi  karena  keterbatasannya  niatnya  ini  kurang berhasil,  namun  perlu  kita  catat  orang  Karo  tersebut  yang  asli  berasal  dari  Linge  kalau  kita  datang  sangat  disambut  dengan  baik,  malahan  mereka  punya  persatuan  tersendiri, Tokoh  masyarakat  Karo  keuturunan  si  Bayak  Linge Yaitu  Bapak  M. Yusuf  Lingga, pernah  menulis  sebuah  buku  tentang  masyarakat  Karo keturunan  Linge,dengan  cirri-cirinya yang  membanggakan  adalah  satu  orang  berada,  kedua  orang  pintar,  dan  ketiga  orang  kuat, dalam  buku tersebut  lengkap  dengan  pecahan  marganya  kenapa  kita  tidak  bisa  buat  seperti  mereka,  pada  hal  kita  tahu  banyak  putra  asli  linge  ini  banyak  sekali  jadi  orang  hebat,  punya  jabatan.,  punya  kekuasaan  kenapa  negeri  linge  ini  seperti  terlantar,  kalau  kita  bandingkan  saja  seperti  bekas  kerajaan  yang  lain,  Yogarakarta,  solo,  dan  lain-lain,  sangat  banyak  wisatawan  yang  datang,  seperti  pernah  saya  lihat  di  Kesultanan  Ceribon  Jawa  Barat,  khususnya  Sunan  Gunung  Jati  yang bernama Syarif  Hidayat  Fatahillah ( 1512  M)   ditulis oleh  Ismail  Muhammad  tahun 1978, ,  tentu  dari  salah  satu  keturunan  Raja  Linge dari  Meurah  Silu  , dikunjungi  oleh  wisatawan  dalam  negeri  maupun  luar  negeri  setiap  hari  24  jam,  setiap  harinya  lebih  kurang  1000  orang  yang  datang,  nah  orang  yang  datang  ini  apa  dampaknya  terhadap  masyarakat  sekitarnya,  tentu  meninggalkan  uang  dengan  cara  membeli  makanan,  oleh-oleh,  dan  lain-lain.  
  
Sekilas  saya  bahas  tentang  kejayaan  Kerajaan  Lingga  pada  masa  lalu Raja  Linge  Pertama menurut  beberapa  sumber  berdiri  pada  Abad  ke  VI bernama  “Sultan  Genali dan  disebut  juga “ Pota Marhum  Mahkota  Alam “.  Selanjutnya  pada  tahun  1511  M,  keturunan  Raja  Lingga  VIII,  diangkat  menjadi  Panglima  Besar  Angkatan  Perang  Kesultanan  Aceh  atau  Amirul  Harb,  saat  mengakuisisi  Kesultanan  Pasai  dan  Kesultanan  Aru  yang  sudah  dijajah  Portugis,  Dalam  tahun  1533  terbentuklah  Kerajaan  Johor  Baru  di  Malaysia  yang  dipimpin  oleh  Sultan  Alauddin  Mansyur  Syah.  Raja  Linge  VIII  diangkat  menjadi  Kabinet  di  Kerajaan  baru  tersebut  dan  diamanatkan  untuk  membangun  benteng  pertahanan,  dengan  membangun  sebuah  pulau  di  selat  malaka,  dari  amukan  Portugis.  Pulau  ini  dikenal  dengan  pulau  Lingga.  Keturunan  Lingge,  kemudian  mendirikan  Kesultanan  Linge,  Karo  dan  di  daerah  Riau  Kepulauan.
  Orang  Gayo  berasal  dari  Linge , Kita  saat  ini  harus  meluruskan  sejarah,  jangan  ada  beranggapan  Kerajaan  Linge  berasal  dari  berasal  dari  Tanah  batak,,  memang  harus  kita  akui  ada  sebagian  kecil  orang  Gayo  berasal  dari  Batak,  karena  mereka  datang  ke  Tanah  Gayo  dan  sudah  menjadi  orang  Gayo,  tidak  tahu  lagi  tanah  leluhurnya. 
  
Salah  satu  kerajaan  yang  ada  di  Tanah  Gayo  yaitu  Kerajaan  Bukit inipun  menjadi  simpang  siur,  orang  Gayo  percaya  Raja  Bukit  adalah  Saidah dalam versi Seorang  Belanda JCJ  Kempes  ,  sangeda  dalam  versi Muda  Kala  dan  Junus  Djamil.  JC  Kempes mengatakan  Raja  Bukit  (1700 –an)  merupakan  orang  yang  datang  dari  luar  Gayo  tepatnya  bagian Selatan  ada  tiga  orang  1  menjadi  Raja  di Lumut,  seorang  lagi  di  Samarkilang.  Kemudian  pada  waktu  itu  kerajaan  ini  sudah  tunduk  ke  Sultan  Aceh,  maka  diangkat  lah  Raja  Bukit  Pertama  dari  orang  yang  datang  tersebut  dan seorang  lagi  menjadi  Raja  Petiambang.

Sekilas  Gayo  dan  Alas  saya  sampaikan  berdasarkan  Pakta  sejarah,  sebelum  Sultan  Iskandar  Muda  bertahta,  kedua  daerah  ini  memerintah  secara  otonom  dan  boleh  dikatakan  berdiri  sendiri,  seperti halnya  kerajaan  lingge,  kerajaan  linge  ini  mulai  pudar  mungkin  disebabkan  banyak  keturunan  menyebar  ke  lain  daerah,   seiring  dengan  itu  Sultan  Iskandar  Muda  memerintah  pada tahun  (1607 – 1636)  berhasil  jaya  dapat  mengusai  bagian  besar  Pulau  Jawa,  Sumetra  dan  sebagian  MaLaya,  maka  kedua  daerah  ini  pun  dimasukkan  resmi  kedalam  kerajaan  Aceh,  Gayo  Alas  dibagi  atas  beberapa  daerah  yang  disebut  Kejrun.  Kepada  Keujurun  ini  diberikan  bawar,  pedang  semacam  tongkat  komando  sebagai  pengganti  surat  keputusan  hitam  diatas putih. 

Daerah  Gayo  dan  Alas  dibagi  atas  8 (delapan)  daerah  Kejurun,  6  Kejurun  di  Gayo  2  di  Alas  antara  lain :

Keujurun  Bukit,  bermula  berkedudukan  di  bebesen  ,kemudian  dipindahkan  ke  Kebayakan.
Kejurun  Linge,  berkedudukan  di  Linge.
Kejurun  Syiah  Utama,  berkedudukan  di  Nosar.
Kejurun  Patiambang, berkedudukan  di  penampaan.
Kejurun  Abok,  berkedudukan  di  Serba  Jadi.
Kejurun  bebesen,  berkedudukan  di  bebesen
Kejurun  Batu  Mbulan,  berkedudukan  di  Batu  Mbulan. Tanah  Alas.
Kejurun  Bambel,  berkedudukan  di  Bambel  Tanah  Alas
Kejurun  Patiambang  berkedudukan  di  penampaan  sebagai  ibu  kota  dan  berkuasa  untuk  seluruh  Gayo  Lues,  yang  meliputi  beberapa  kampong  menurut  Buku  Snouck  Hourgonje  tahun  1903. antara  lain. 1. Gele,  2.  Porang,  3.  Lempuh,  4.  Kute  Sere,  5.  Penggalangan,  6.  Penampaan,  7.  Sepang,  8.  Bacang,  9.  Kute  Bukit,  10.  Badak, 11,  Bukit,  12. Leme, 13. Kutelintang, 14. Peparik, 15.  Pangur,  16 Kute  Lesung,  17.  Uring,  18.  Pining, 19.  Rema,  20. Tampeng,  21.  Beranang,  22. Bener Kalipah,  23.  Cane,  24.  Rikit  dekat,  25.  Kong,  26. Rempelam,  27. Remukut,  28.  Rempelam  jabo,  29. Pasir.  30. Rerebe,  31.  Terangun,  32.  Padang,  33.  Kute  Sange,  34.  Rumpi.
Susunan  pemerintahan  kejuruan  Patiambang,  Pemimpin  tertinggi  adalah  Kejurun,  dibantu  oleh  Empat  Reje  dan  delapan  Reje  Cik  antara  lain :
Reje  adalah :
 Reje  Gele.
Reje  Bukit
Reje  Rema.
Reje  Kumala ( Kp. Cane  Uken).
Delapan  Reje  Cik.
1,  Reje  Cik  Kutelintang.
2.  Reje  Cik Tampeng
3.  Reje  Cik  Kemala  Darna  (  Rempelam).
4.  Reje  Cik Peparik
5.  Reje  Cik  Penosan.
6.  Reje  Cik  Gegerang.
7.  Reje  Cik  Pudung / Padang.
8.  Reje  Cik  Porang     

Inilah  sejarah  singkat  yang  ada  di  Gayo  Lues,  agar  kita  tahu  yang  pantas
Jadi  pemimpin  dari  beberapa  keuturunan  Kejurun,  Reje,  dan  Rejek  Cik
Sebelum  terjadi  hal  tersebut  diatas,  maka  Anak  dari  Reje  Linge  yaitu  baginda  Joharsyah  sebagai  Reje  Linge,  maka  dibentuk  pula  raja-raja  kecil  lainnya  untuk  pengendali  daerah  / wilayah.   Di  Gayo  Lues  oleh  baginda  dinamakan  “ Petua  Amang “  sebagian  menyebutkan  “ Patiamang “ ,  dan  di  serba  Jadi  “Wakil Abuk “  namanya  masa  itu.  Pada  masa  itu  Negeri  Linge  semakin  bertambah  Penduduk  dari  Sipitu  Johor  dan  Silapan  Johor.  Begitu  pula  tentang  kekuasaan  dari  Sipitu  Aceh  dan  Silapan  Aceh.

Kembali  Kita  kepada  Lokasi  saat  ini  kita  berada,  yang  penting  daerah  Linge  atau  Kampung  Linge    ini  manusia  pertama  yang  mendiami hidup  pada  Abad  VI  atau  600  M,  kemudian  menyebar  keturunannya  kesuluruh  negeri,  sampai  ke  luar  Negeri  seperti  Cina  (Taiwan),  Malasyia,  Philipina,  namun  hal  ini  masih  perlu  digali.
Sekarang  kita  yang  masih  ada  saat  dan  tinggal  tidak  terlampau  jauh  dari  daerah  Linge  ini,  masih  mampukah  kita  menjaga  dan  merawat    peninggalan  leluhur  kita  ini,  
Seperti  saran  saya  ini  antara  lain :
1. Mengembalikan  Aset  dan  Peninggalan  Sejarah  Linge  ke  Buntul  Linge  ini,  kalau  adapun  asset  tersebut ditempat  lain  itu   tidak  lain  hanya  duplikatnya  saja.,  dalam  hal ini  harus  terlibat  pemerintah  Pusat
2.  Segera dibuat  sebuah  mesium di  lokasi  rumah  Pitu  Ruang ini,  untuk  daya  tarik  para  wisatawan  yang  akan  berkunjung  ke  daerah  ini, sehingga  dapat  meningkatkan  kesejahteraan  masyarakat  yang  ada  di  Linge  ini.
3.  Untuk  mengetahui  sejarah  kepada  Pemerintah  terutama  pada  Bagian  Peninggalan  Sejarah  , untuk  dapat  menggali   makam  atau  kuburan  yang  ada  di  Kampung  Linge  sekarang,  untuk  membuktikan  kepada  Dunia bahwa disini  lah  ada  manusia  pertama  di  Sumatera  ini, dan  bukan penggalian  sejarah  ini  diutamakan  ditempat  yang  lainnya.
4. Disinilah  adanya  kerajaan  Linge  yang  terbentuk  bukan  dari  perluasan  kekuasaan  atau  jajahan,  namun  terbentuk  karena  kehendak  Allah  SWT dan  cikal  bakal  suatu  kehidupan  baru  yang  merupakan  asal  usul  Suku  Gayo  ini  di  Negeri  Linge.
5. Perumusan  adat  Kerajaan  Linge  dilakukan  pada  tahun 1115  Masehi  oleh  Reje  Lingga  bersama  pimpinan  agama  dan  para  pemuka  adat  Kerajaan  Lingga,  Patiambang  dan  Pemuka  adat  Serbajadi  yang  menghasilkan  45  Pasal  Edet  Negeri  Lingga  (Linge)
6. Selanjutnya  sebuah  Visi  Kerajaan    Linge  yaitu :
              

                Reje  atau  edet  I  atan  astana
Imem  atau  hukum  I  atan  agama
Tue  muneweni  pintu
Pertama  Sikudepet,  kedua  sikowas
Petue  si  munegotne
Sudere  genap  mupakat,  tue  sedek  sasat.
Raja  atau  wakil  adat  bersemayam  dalam  istanaImam  atau  wakil  syariat  suci  menegakkan  agama
Adapun  tokoh  masyarakat  menjaga  pintu  pertama,  barang  siapa  yang  keluar  dan  pintu  kedua  barang  siapa  yang  masuk.  Semuanya   harus  diketahui  oleh  tokoh  masyarakat  untuk  mengadakan  penyelidikan  dan  masyarakat  harus  bersama-sama  melakukan  musyawarah.
  
Selanjutnya  bagi  Raja  dan  Imam  disebut  sebagai  wajib  untuk  ini  masyarakat  menjalankan  kata-kata  adat  antara  lain  :
  Bekase  I  supui  atau  I  jamuri
Kobore  I  peniet  i
Petuah  dari  orang  terdahulu  kita,  semua  posisi  mendapat  tugas,  terlebih
Pada  zaman  sekarang  ini,  supaya  Negeri  ini  tidak  kacau  balau , seharusnya   kita  sesuaikan  dengan  tata  kerama  orang  terhadulu  kita  yaitu yang  menjadi  Raja  adalah  keturunan  Raja ,  yang  mengurus  kehidupan  beragama  yaitu  Imem,  tokoh  masyarakat  sebagai  menjaga  persatuan  dan  kesatuan bangsa  atau  terlebih  lagi  suku  Gayo  ini.  Baru  Negeri  kita  menjadi  aman  kalah  kita  ikut  petuah  leluhur  kita  tadi
7.  Jangan  leluhur  kita  ini  menjadi  jembatan  untuk  menjadi  sukses,  bila  berhajat  untuk  Jadi  Gubernur,  Bupati  dan  lainnya,  tetapi  tidak  sesuai  lagi  dengan  tindakan  dan  pepatah  leluhur  kita,  sebagai  contoh  apabila  saya  jadi  ini………,  saya  akan  bangun  bekas  kerajaan  ini  dan  mensejahterakan  masyarakat ,  tetapi  setelah  berhasil,  tidak  ingat  lagi, tentu  mereka  marah,  akibatnya  kita  sendiri  yang menanggung  akibatnya.
8.  Terakhir  kepada  Jema  Tue  Ku  si  menjaga  langsung  Aseet  Kerajaan  Linge  ini,  (  Uwe  Jalil)  berdasarkan  tamu  yang  datang ke  Linge  ini dari  penjuru  tanah  air  ataupun  dari  luar  negeri yang  mengaku  keturunan  Reje  Linge   akan  kita  bukukan,  seperti salah  satu  keturunan  yang  datang  ke  sini  yaitu  warganegara  Taiwan  yang  mengaku  keturunan  linge,  kedatangan  kemari  kira-kira  3  tahun  yang  lalu  tujuannya  berziarah  kepada  lelehurnya, dengan  membawa  seorang  anak  yang  tidak  bisa  berbicara,  setelah selesai  berziarah  ke  makam  raja  linge  dengan  sendirinya  anak  tersebut  dapat  berbicara  dan  yang  anehnya  lagi  pandai  berbahasa  Gayo hanya walaupun sepotong  saja,  mereka  mengetahui  kebaradaan  daerah  ini,  mungkin   karena  petunjuk  dari  alam  gaib  yang  mereka  dapat.  Baik  dalam  bentuk  mimpi  atau keterangan  sejarah.  Hal  ini  bisa  kita  mengetahui  apabila  ada  informasi  dari  Jema  Tue  ku  si  jege  umah  pintu  ruang  ini,  karena  dia  setiap  hari  dia  berada   Disini.
9.   Untuk  membangun  Aset  Kerajaan  Linge  ini,  baik  sumbangan  dari  pihak  tertentu  secara  pribadi, mapun  pemerintah,  maka  dirasa  perlu  kita  membentuk  Yayasan  resmi,  nantinya  dapat  bekerja  untuk  mencatat  dan  membukukan, siapa-siapa  yang  merasa  dirinya  keturunan  linge, disamping  kita  membuat  siraturrahmi
Akhir  kata  kepada  Allah  SWT  saya  minta  ampun,  atas  kesalahan  kita  yang  diperbuat  atas  perhatian  semua  pihak  ucapkan  terima  kasih.  Asalamulaikum  Waramatullah  hi wabarakatuh  …….


                                                                                    Oleh : Syukran / Sulaiman, D. SH, MAP









Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa