Headlines News :
Home » » Ada Kios Pariwisata Di Lampulo

Ada Kios Pariwisata Di Lampulo

Written By ichsan on Senin, 26 Desember 2011 | 11.24


BANDA ACEH, Aceh News - Untuk meningkatkan daya tarik wisatawan di situs Tsunami kapal diatas rumah. Dinas Pariwisata Aceh meresmikan kios wisata lampulo bantuan dari Kementrian Pariwisata sebesar 70 Juta Rupiah untuk PNPM Mandiri Pariwisata yang ada di Lampulo Banda Aceh, Minggu (25/12)

Fasilitator PNPM pariwisata lampulo Muktar Mahmud menjelaskan anggaran ini kita manfaatkan untuk membangun 5 unit kios, kios ini diperuntukan untuk masyarakat agar mereka mempuyai  penghasilan tetap  baik kreatifitas di kerajinan atau souvenir  maupun  kuliner semua bisa di sajikan di kios wisata ini dan kios ini gratis tidak di sewakan.

Selain itu kita juga kita  membina pengrajin kue tradisioanal aceh serta souvenir yang akan di berikan fasilitas untuk menjahit dan ada juga tim kesenian yang akan di bentuk apabila ada wisatawan yang datang kemari mereka juga dapat menyaksikan kesenian daerah yang akan di tampilkan, lalu juga ada tim pemandu  yang akan memberikan panduan bagi wisatawan mengenai informasi situs tsunami kapal diatas rumah dan terakhir pihak keamanan agar wisatawan bisa merasa nyaman saat datang kemari pintanya.

Sementara itu Dra. Irma Yani yang mewakili Kepala Dinas Pariwisata Aceh mengatakan untuk saat ini baru di lampulo ini yang ada kios pariwisata yang resprentetatif  baik yang ada di Banda Aceh maupun di tempat lain,ini merupakan pioneer untuk kota banda aceh yang telah membuka kios pariwisata di tempat objek pariwisata.

Irma yani juga mengharapkan agar di tempat objek wisata yang lain juga akan muncul kios pariwisata ini ini sangat di perlukan apabila wisatawan yang berkunjung ke salah satu objek dapat membeli sesuatu yang nantinya bisa di bawa pulang ke asalnya baik itu berupa kuliner maupun souvenir hasil dari masyarakat setempat .

Menurutnya di Provinsi Aceh ada 15 desa yang mendapatkan bantuan dari PNPM  mandiri pariwisata dan ini akan di evaluasi kalau berjalan dengan baik, desa-desa yang mempuyai situs sejarah akan mendapatkan bantuan lagi untuk tahun ini PNPM memberikan bantuan 70 juta kedepan akan bertambah mencapai 100 juta katanya.

Dalam peresmian kios pariwisata kapal diatas rumah di desa lampulo turut hadir keucik lampulo Alta Zaini dan kepala dinas pariwisata kota banda aceh Reza Pahlevi.  (van)       
Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa