Headlines News :
Home » » IPM Kalbar Terendah

IPM Kalbar Terendah

Written By ichsan on Selasa, 17 Juli 2012 | 01.38


P0NTIANAK, Aceh News Bukan lagi menjadi rahasia, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kalbar sangat rendah. Menempati peringkat 28 se-Indonesia. Sedangkan untuk pulau Kalimantan, Kalbar merupakan daerah yang paling rendah indeks pembangunannya. Kenapa demikian? Sebab taraf hidup di Kalimantan Barat belum baik dan belum ada perbaikan yang sangat besar. Demikian dikatakan oleh akademisi ekonomi Kalbar, Ali Nasrun, ME. 

Menurutnya, IPM Kalbar akan naik bila Upah Minimum Regional (UMR) yang saat ini sekitar Rp 900 ribu diperbaiki dengan menaikkan kembali nilai UMR tersebut. Cara lain untuk menyeimbangkan kenaikan UMR tersebut tambah Nasrun, adalah dengan perbaikan usaha-usaha seperti perkebunan, kehutananm pertmabangan dan ekenomi lainnya yang ada di Kalbar. 

Dengan peningkatan UMR tersebut akan mendorong adanya perbaikan taraf hidup masyarakat Kalbar yang selama ini masih rendah beranjak naik ke level yang lebih tinggi. "Karenanya jika UMR Propinsi Kalbar ingin naik lebih tinggi dari sebelumnya, konsekuensinya harus mampu memanfaatkan peluang perbaikan ekonomi di propinsi ini, "saran dia. 

IPM menurut Ali Nasrun tentu akan naik bila masyarakat memiliki penghasilan yang lebih naik pula. Sulit menaikkan IPM sedangkan pendapan masyarakat masih sangat rendah. "Jika kondisi tersebut dapat diwujudkan tentu masyarakat kalbar akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan kondisi ekonomi yang notabene akan mendorong peningkatan pendidikan, kesehatan dan kualitas sumber daya manusia," pungkasnya. (Ubay KPI)
Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa