Headlines News :
Home » , » Bupati Aceh Besar Bantu Petani Korban Banjir Lhoong

Bupati Aceh Besar Bantu Petani Korban Banjir Lhoong

Written By ichsan on Kamis, 21 Juni 2012 | 21.32


KOTA JANTHO, Aceh News - Penjabat Bupati Aceh Besar Drs H Zulkifli Ahmad MM menyerahkan sejumlah bantuan pertanian untuk kelompok tani korban banjir di Gampong Lam Sujen dan Gampong Cot, Kecamatan Lhoong, Kamis (21/06/2012). Bantuan untuk petani korban banjir yang terjadi beberapa pekan lalu itu berasal dari Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Aceh. Penyerahan bantuan yang dipusatkan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Lhoong itu juga dirangkai dengan penyerahan bantuan peralatan kerja untuk mendukung peningkatan kinerja kepada 23 BPP se-Aceh Besar.

Hadir dalam kesempatan itu, sejumlah kepala SKPK, anggota DPRK Sulaiman, Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Aceh Ir Muzakkir Ismail MSc, Muspika Lhoong, para PPL, kelompok tani, dan tokoh-tokoh masyarakat Lhoong. Usai penyerahan bantuan, Pj Bupati dan pejabat terkait lainnya juga berdialog dan menerima sejumlah masukan dari petani dan tokoh-tokoh masyarakat. 

Dalam kesempatan tersebut, masyarakat Lhoong meminta dukungan dan perhatian yang lebih besar lagi dari pemerintah untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan dan pembangunan sektor pertanian di Kecamatan Lhoong. Salah seorang tokoh masyarakat, Abu Idris mengemukakan, selama ini masih banyak lahan kosong dan gangguan binatang seperti babi dan monyet, sehingga produktivitas petani di Lhoong belum maksimal. 

Oleh karenanya, ia berharap Pemkab melalui instansi terkait memberikan bimbingan dan bantuan, sehingga lahan kosong yang ada dapat dimanfaatkan lebih maksimal lagi untuk meningkatkan hasil pertanian masyarakat. “Bantuan dari pemerintah memang sangat kami harapkan. Selama ini banyak tanaman pertanian warga yang dihancurkan oleh kawanan babi dan monyet,” ujarnya. Selain itu, kelompok tani di Lhoong juga memohon bantuan lanjutan, mengingat gampong yang terimbas banjir beberapa waktu lalu mencapai 8 gampong, sementara bantuan kali ini hanya diperuntukkan kepada 2 gampong saja.

Pj Bupati Aceh Besar mengharapkan agar bantuan yang diserahkan, baik kepada kelompok tani yang terkena dampak banjir maupun bantuan untuk pendukung kegiatan BPP dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Dikatakan, Aceh Besar sejak dulu memiliki potensi yang sangat besar di sektor pertanian. Itu sebabnya, dukungan semua pihak, termasuk pembinaan dan keteladanan yang kontinyu dari para PPL senantiasa diharapkan dalam upaya peningkatan produktivitas hasil pertanian.

Walaupun selama ini jumlah PPL yang bertugas di Aceh Besar masih belum mencukupi, tetapi diharapkan setiap personil yang ada dapat bertugas secara maksimal untuk membimbing para petani. Saat ini, di Aceh Besar terdapat 604 gampong. Idealnya, setiap gampong memiliki seorang PPL. Tetapi, kenyataannya, jumlah PPL belum mencukupi sesuai harapan semua pihak. Namun demikian, kontribusi para PPL selama ini sangat besar untuk mendukung kemajuan sektor pertanian. “Karenanya, kami mengajak PPL di Aceh Besar untuk terus berkarya,” pinta Zulkifli Ahmad.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Aceh, Ir Muzakkir Ismail MSc. Menurutnya, ke depan pemberdayaan dan pelatihan para PPL harus terus ditingkatkan. Selain itu, pembenahan manajemen BPP juga harus diutamakan. Untuk mendukung kesuksesan di sektor pertanian, dukungan dari semua pihak, termasuk plot anggaran yang memadai di lembaga  dewan juga sangat dinantikan setiap saat.

Menyikapi harapan tersebut, anggota DPRK Aceh Besar, Sulaiman menyatakan dirinya sangat komitmen untuk mendukung pembangunan di sektor pertanian. Mengingat mayoritas penduduk Aceh Besar adalah petani, makanya prioritas untuk mendukung para petani harus direspon semua komponen yang ada.

Dalam kesempatan itu, kepada BPP se-Aceh mendapat sejumlah bantuan yang berasal dari dana Migas, seperti laptop, wareless, sound sistem, proyektor/infokus, layar infokus, mesin listrik, ginset, pompa air, ampli dan mic. Diharapkan, bantuan itu dapat dimanfaatkan untuk pemberdayaan dan peningkatan kinerja para PPL. (mrd)
Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa