Headlines News :
Home » , » CARITAS BENTUK PERLINDUNGAN NILAM ACEH

CARITAS BENTUK PERLINDUNGAN NILAM ACEH

Written By ichsan on Senin, 21 November 2011 | 18.35

BANDA ACEH, Aceh News Pemerintah Aceh dan CARIitas Czech Republic sebagai lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dalam pengembangan ekonomi masyarakat pedesaan khususnya pemberdayaan petani nilam di empat kabupaten di Aceh yang meliputi Aceh Jaya, Aceh Barat, Aceh Selatan dan Kabupaten Gayo Lues

mencoba memprakarsai dan menfasilitasi para petani Aceh dalam mendaftarkan Nilam Aceh ini menjadi salah satu produk pertanian khusus yang berasal dari Aceh yang dilindungi oleh undang-undang sebagai bentuk perhargaan terhadap keistimewaan produk tersebut dan menghindari penyalahgunaan merek dagang oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Nilam Aceh (Pogostemon cablin Benth) memiliki karakteristik dan aroma yang sangat khas dengan rendemen hingga (2.5 - 5.0%) dibanding daerah lain yang hanya 0.5-1.5% dan kadar PA diatas 30%.

Namun kenyataannya di lapangan, minyak nilam Aceh lebih banyak digunakan sebagai bahan campuran minyak nilam dari daerah lain. Untuk melakukan perlindungan hukum pada Hak Karya Intelektual dan Patent sangat mahal dan tidak mungkin terjangkau oleh masyarakat kelas menengah ke bawah Agar terlaksananya sertifikasi, Tim Marketing Caritas Czech Republic (CCR) mengadakan rapat stake holder di serba guna kantor gubernur aceh senin (21/11)

Rapat Stake holder yang dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar merupakan salah satu persyaratan utama sebelum dilakukannya proses lainnya seperti pengiriman dokumen dan pemeriksaan substansial. Dan dengan dengan rapat ini diharapkan menjadi titik awal terbentuknya Forum Perlindungan Nilam yang akan mewadahi para petani nilam seluruh Aceh dan melakukan pengawasan terhadap rantai produksi nilam aceh. (Van)
Share this article :
 
Support : Redaksi | Iklan | Copyright © 2011. Aceh News - All Rights Reserved
Modify by Arifa